Breaking News:

Berita Bantul Hari Ini

Musim Hujan, Nelayan di Bantul Buru Ikan Bawal Laut dan Layur

Saat musim penghujan, tangkapan ikan relatif sedikit namun muncul jenis ikan dengan harga jual yang tinggi.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Nelayan merasa tak terpengaruh banyak dengan fenomena La Nina yang terjadi saat ini dan tetap akan melaut meski kondisi hujan.

Yang dikhawatirkan nelayan adalah angin kencang yang bisa menyebabkan tingginya ombak.  

"Mau hujan deras tidak masalah selama tidak ada angin kencang. Nelayan tetap berani melaut," ujar Sigit, Ketua Nelayan Pantai Samas, Rabu (3/11/2021).

Meskipun demikian, ada kendala lain jika turun hujan lebat di pagi hari, yakni kabut tebal yang membatasi jarak pandang nelayan.

Akhirnya nelayan memilih turun melaut ketika kabut sudah hilang.

Baca juga: La Nina Tak Surutkan Nelayan Melaut, Asal Tidak Disertai Angin Kencang

"Biasanya kalau hujan disertai kabut terjadi pagi hari antara jam lima hingga jam tujuh pagi. Maka nelayan menyiasati turun melaut lebih siang meski ada hujan," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga menjelaskan bahwa musim penghujan tangkapan ikan masih sedikit namun muncul jenis ikan dengan harga jual yang tinggi.  

"Ya kalau saat ini lebih banyak mengandalkan keberuntungan karena belum semua ikan muncul. Namun biasanya saat musim hujan akan muncul ikan layur, ikan bawal laut dan ketika akan memasuki musim kemarau muncul ikan tenggiri dengan ukuran cukup besar," ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa musim ikan yang paling banyak diburu nelayan adalah musim ikan layur dan ikan bawal laut yang harganya relatif tinggi dan banyak diburu oleh para pengepul ikan laut.

Ikan jenis itu banyak dibutuhkan oleh pabrik untuk diolah ataupun untuk diekspor.

"Selain itu, biasanya kalau bulan Februari bersamaan dengan Imlek harga ikan bawal laut kualitas super satu kilogramnya tembus di atas Rp 250 ribu," tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved