Breaking News:

Perkecil Beban Padam, PLN Integrasikan 'SCADA Keypoint'

Integrasi SCADA ini dilakukan agar penanganan dan respons terhadap gangguan serta pemeliharaan lebih cepat lagi

ist
Perkecil Beban Padam, PLN Integrasikan 'SCADA Keypoint' 

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO - Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Jumat (22/10/2021) melakukan pekerjaan Integrasi Supervisory, Control and Data Aqcuisition (SCADA) Keypoint titik DBG03-83, di Jl Raya Wanayasa, Wonosobo.

Integrasi SCADA ini dilakukan agar penanganan dan respons terhadap gangguan serta pemeliharaan lebih cepat lagi.

Manager PLN UP2D Jawa Tengah dan DIY, Ery Juniarta Partama mengatakan, SCADA merupakan teknologi yang menggabungkan fungsi pengawasan, pengendalian dan pemerolehan/pengambilan data jarak jauh yang terpusat pada suatu tempat.

Nantinya, jika ada pemeliharaan atau pun gangguan jaringan listrik dapat diselesaikan dari pusat

"Integrasi scada keypoint ini merupakan upaya untuk mengontrol kelistrikan dari jarak jauh. Dengan demikian, sekecil apapun masalah kelistrikan dapat termonitor dan segera tertangani dari jarak jauh," katanya.

Dijelaskan, sebelumnya untuk menangani gangguan atau pemeliharaan petugas harus turun ke lapangan. Dengan begitu, dibutuhkan waktu untuk mengembalikan hingga normal cukup lama.

"Melalui integrasi SCADA, pemulihan bisa 1-2 menit saja. Kalau ada gangguan juga bisa terpantau langsung dari sistem," jelasnya.

Dicontohkan, jika terjadi kebakaran pada titik jaringan tertentu, maka dari pusat bisa langsung diamankan terlebih dahulu. Selanjutnya baru ditangani petugas lapangan.

Tak hanya itu, melalui integrasi SCADA, maka akan mengurangi SAIDI/lama padam dan mempercepat recovery gangguan. Selain itu juga mempercepat waktu isolasi segmen gangguan, sehingga dispatcher dapat mempersempit titik padam.

"Sistem ini akan memperkecil beban padam," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved