Breaking News:

Penanganan Jalur Alternatif yang Tertutup Tanah Longsor di Kabupaten Magelang Masih Berlanjut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang masih melakukan penanganan terhadap jalur alternatif yang tertimbun tanah longsor

Dok BPBD Kabupaten Magelang
Proses pembersihan jalur alternatif Dusun Tinjumoyo, Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jumat (29/10/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang masih melakukan penanganan terhadap jalur alternatif yang tertimbun tanah longsor, pada Kamis (28/10/2021) kemarin, di Dusun Tinjumoyo, Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Magelang, Gunawan Imam Suroso menuturkan, tindakan masih difokuskan pada penataan tebing dan pembersihan material longsoran.

"Kami menggunakan alat berat back hoe untuk membersihkan material dan menata tebing kembali. Hingga siang tadi, sudah mencapai 80 persen untuk pengerjaannya," ujarnya kepada Tribunjogja.com, pada Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Masyarakat Dimungkinkan Memilih Merek Vaksin, Ini Alasan Mereka Memilih Sinovac

Ia menambahkan, material tanah yang sampai menutup pada bahu jalan berhasil dibersihkan.

Namun, pada dinding tebing masih dilakukan pemadatan karena kondisi tanah yang masih terlalu basah.

"Kalau tanah yang di bahu jalan sudah berhasil dipinggirkan. Tinggal menata tebingnya saja agar tidak terjadi longsor lagi. Kami sempat kesulitan, karena hujan terus turun sehingga pengerjaan sempat diberhentikan sementara," ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Tegaskan One Gate System Jadi Embrio Penataan Pariwisata di Masa Depan 

Sementara itu, pihaknya belum memperkenankan kendaraan untuk melintas terlebih kendaraan roda 4.

Karena, kondisi jalur yang masih belum terkondisikan.

"Kami imbau untuk tidak melintas dulu, kondisi tebing yang masih rawan. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan apalagi hujan deras yang diprediksi masih mengguyur wilayah Magelang," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved