Breaking News:

Mengenal Metaverse Ala Mark Zuckerberg, Teknologi Baru dari Cerita Novel Lama

Konsep metaverse yang diperkenalkan Mark Zuckerberg pernah diulas dalam novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crash di tahun 1988

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
net
Konsep metaverse yang diperkenalkan Mark Zuckerberg pernah diulas dalam novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crash 

TRIBUNJOGJA.COM - Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan brand perusahaan induk dari yang tadinya Facebook menjadi Meta, pada Kamis (28/10/2021). Seiring dengan langkah tersebut, Mark Zuckerberg juga memperkenal konsep metaverse yang diusung Meta. Ia menyebutnya sebagai masa depan internet.

Apa itu metaverse?

Konsep utamanya adalah menghadirkan diri Anda secara virtual di mana pun Anda inginkan. Tak peduli seberapa jauhnya Anda dengan orang yang Anda tuju.

“Kami percaya metaverse akan menjadi penerus mobile internet, Anda bisa merasa hadir (secara fisik), seperti halnya berada di sana bersama orang yang dituju. Tidak peduli seberapa jauh jarak kami sebenarnya,” katanya.

Sebagaimana dilansir The Guardians, metaverse adalah tempat di mana dunia fisik dan dunia digital bersatu.

Ini adalah ruang di mana representasi digital orang (berupa avatar) akan berinteraksi. Baik itu berinteraksi di kantor, tempat bermain, pergi ke tempat konser musik, maupun ke toko pakaian.

Mark Zuckerberg ubah brand Facebook menjadi Meta
Mark Zuckerberg ubah brand Facebook menjadi Meta (repro)

Ini adalah realitas virtual, konsep dunia digital yang sebenarnya sudah dapat Anda masuki melalui headset Oculus VR Facebook. Ini juga akan mencakup augmented reality, yang bisa disebut langkah mundur dari VR di mana elemen dunia digital berlapis di atas realitas.

Anda juga bisa membayangkan permainan Pokemon Go atau kacamata pintar Facebook baru-baru ini yang diikat dengan Ray-Ban.

Meski begitu, Facebook sudah memiliki versi profesional dari metaverse yang sedang berjalan. Yakni Horizon Workrooms, sebuah aplikasi yang memungkinkan pekerja olahraga Oculus memasuki kantor virtual dan mengadakan pertemuan.

Facebook Vice President Global Affairs, Nick Clegg mengatakan metaverse akan menjadi serangkaian dunia yang saling terkait.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved