Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

UNU Yogyakarta Gandeng Desa Panggungharjo Bantul Gelar Stadium General Laboratorium Sosial 

Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta menyelenggarakan stadium general laboratorium sosial dengan tema Penguatan Perekonomian Indonesia

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta menyelenggarakan stadium general laboratorium sosial dengan tema Penguatan Perekonomian Indonesia dari Desa bekerjasama dengan desa Panggungharjo Bantul, Selasa (19/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta menyelenggarakan stadium general laboratorium sosial dengan tema Penguatan Perekonomian Indonesia dari Desa bekerjasama dengan desa Panggungharjo Bantul, Selasa (19/10/2021).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu pembekalan kegiatan labsos kepada mahasiswa dan dosen mentor sebelum terjun ke lokasi labsos Desa Panggungharjo.

Dalam sambutannya Lurah Panggungharjo Wahyudi Anggoro mengatakan 3 isu Desa Panggungharjo meliputi politik dan pemerintahan desa, perekonomian desa, dan sistem data dan informasi desa.

Baca juga: UPDATE Gunung Merapi Hari Ini 23 Oktober 2021: Terjadi Gempa Guguran Sebanyak 46 Kali Pagi Ini

“Melalui kegiatan labsos ini, 2 isu yang akan dikolaborasikan dengan mahasiswa labsos yaitu perekonomian desa dan sistem data dan informasi desa, mengingat UNU Yogyakarta belum memiliki prodi sosial,” jelasnya.

Menurut Wahyudi, kegiatan labsos ini dilakukan dengan menggunakan metodologi riset aksi dalam membangun tatanan Indonesia Baru.

Diharapkan dengan kegiatan labsos di Panggungharjo, mahasiswa dapat mengkonstruksi pengalaman menjadi pengetahuan. Output dari kegiatan ini berupa buku yang nantinya dapat dipublikasikan ke masyarakat luas.

Nurul Salehawati selaku koordinator dosen mentor UNU Yogyakarta menambahkan stadium general ini merupakan tahap awal mahasiswa dalam kegiatan labsos.

“Data dari hasil labsos ini diharapkan dapat dikembangkan sebagai bahan tugas akhir mahasiswa,” ujarnya.

Kegiatan stadium general ini tambah menarik dengan pemaparan Rektor UNU Yogyakarta tentang Aktualisasi 5G UNU Yogyakarta melalui labsos dalam 1 tahun.

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini Sabtu 23 Oktober 2021, Potensi Hujan di Wilayah Ini

"Labsos bukan kegiatan KKN, yang mana dosen mentor hanya datang untuk mengontrol, namun Dosen mentor harus terlibat langsung dalam kegiatan labsos dan punya agenda riset," ungkap Rektor UNU Yogyakarta Prof. Purwo Santoso, MA., Ph.D.

Rektor menekankan bahwa kolaborasi UNU Yogyakarta dengan Panggungharjo merupakan bagian dari Merdeka Belajar. (Rls)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved