Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Prof Avin Fadilla Helmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Fakultas Psikologi UGM

Dosen Fakultas Psikologi UGM Prof Dr Avin Fadilla Helmi, MSi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Psikologi Sosial pada Fakultas Psikologi UGM.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Prof Avin Fadilla Helmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Fakultas Psikologi UGM 

TRIBUNJOGJA.COM - Dosen Fakultas Psikologi UGM Prof Dr Avin Fadilla Helmi, M.Si., dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Psikologi Sosial pada Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Pada pidato Pengukuhan Guru Besar yang berlangsung di ruang Balai Senat,Gedung Pusat UGM, Kamis (21/10/2021), ia menyampaikan pidato yang berjudul Aspek-aspek Psikologis Interaksi Sosial di Ruang Siber.

Avian Fadilla Helmi menegaskan, perkembangan teknologi digital yang pesat memberikan dampak pada kehidupan dan perilaku manusia di ruang siber (cyberspace).

Kondisi ini mendorong munculnya subdisiplin baru dalam Psikologi, yaitu Cyberpsychology.

Baca juga: Pakar Epidemiologi UGM : Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19, Waspadai Penyebaran Varian Delta

Bidang ilmu ini merupakan studi perilaku manusia dalam konteks  interaksi manusia dan internet.

Interaksi sosial di ruang siber ini telah menggeser interaksi yang semula bersifat hubungan langsung menjadi hubungan tidak langsung melalui perantara teknologi digital.

Selain untuk memenuhi kebutuhan berkaitan dengan kodrat sebagai makhluk sosial dengan melakukan interaksi sosial, teknologi digital menjadi pilihan yang tidak dapat dihindarkan untuk membangun interaksi antar manusia sebagai solusi di banyak masalah.

Namun demikian, perlu juga sikap waspada terhadap penggunaan berlebih yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan kesejahteraan psikologis.

Sebab teknologi digital memberikan ruang berekspresi bebas tanpa rintangan karena adanya fitur anonimitas, asynchronous, dan aksesibilitas.

Namun demikian, di balik kebebasan ekspresi diri, faktor keterikatan diri terhadap kehadiran orang lain sering kali dilupakan sehingga fenomena presentasi diri yang berlebih (ngeksis) sering terjadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved