Breaking News:

Kolaborasi dengan Sinden Elisha Orcarus Alloso, DKD Band Rilis Single 'MegatRuh'

Musik rock dan macapat atau tembang tradisional Jawa ternyata bisa menjadi lantunan yang asyik saat dikolaborasikan.

istimewa
Kolaborasi DKD Band dan sinden fenomenal Elisha Orcarus Alloso. 

TRIBUNJOGJA.COM - Musik rock dan macapat atau tembang tradisional Jawa ternyata bisa menjadi lantunan yang asyik saat dikolaborasikan.

Komposisi unik ini diusung oleh DKD Band yang digawangi Heru (vokal), Iwan (drumm), Surya (bass), serta Titan (gitar), menggandeng sinden fenomenal Elisha Orcarus Alloso pada single terbarunya berjudul 'MegatRuh'.

Dirilis 15 Oktober 2021 lalu melalui kanal Youtube DKD Jogja, 'MegatRuh' ini pada awalnya merupakan lagu yang berjudul 'Pura-Pura Gila'. Akan tetapi setelah tercipta lirik dari Elisha menggunakan jenis macapat megatruh, maka disepakatilah judul lagu berubah menjadi 'MegatRuh'.

Selain karena memakai macapat megatruh, korelasi makna lagu yang bertema perpisahan dirasa cukup relevan.

Sekadar informasi, tembang megatruh dalam bahasan Jawa berasal dari kata "megat roh" dalam bahasa Indonesia artinya melepas roh.

Istilah ini menggambarkan roh atau nyawa yang sudah lepas dari badan jasadnya sebab sudah waktunya kembali ke tempat yang telah digariskan oleh Yang Maha Kuasa.

Filosofi tembang Megatruh ini bermakna bahwa perjalanan hidup manusia telah selesai di dunia dan pada umumnya sifat manusia akan bersedih, berduka.

Baca juga: Hikmah Pandemi Covid-19, Ria Kini Produksi Tas Premium yang Tembus Pasar Ekspor

Proses penciptaan lagu tersebut berawal dari kisah seorang teman yang dalam kondisi mabuk bercerita tentang perjalanan asmara nya, ceritanya kemudian secara harafiah langsung tertuang dalam sebuah lirik. Progresi chord dan aransemen sudah siap jauh sebelum lirik ditulis.

"Awalnya sih nggak kepikiran mau kolaborasi dengan Elisha Orcarus Alloso, cuma saat nge-jam part yang seharusnya buat interlude, kami pikir misal dikasih tembang dari sinden akan menjadi unik," terang gitaris DKD, Titan.

Dijelaskan Titan, lantas ada beberapa opsi sinden yang ingin diajak berkolaborasi. Satu di antaranya yakni Elisha.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved