Breaking News:

Dinpar Bantul Terapkan Ganjil Genap yang Berbeda Antara Pantai Timur dan Barat, Ini Aturannya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memberlakukan aturan ganjil genap untuk kendaraan wisatawan yang memasuki destinasi wisata Bantul pada akhir

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJAA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memberlakukan aturan ganjil genap untuk kendaraan wisatawan yang memasuki destinasi wisata Bantul pada akhir pekan.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Bupati Bantul No 31/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyatkan bahwa selama penerapan PPKM level 2, destinasi wisata di Bantul sudah mulai buka.

Baca juga: Bawaslu DIY dan Kesbangpol Cari Solusi untuk Selamatkan Hak Pilih Mahasiswa Rantau di Pemilu 2024

Bagi pengelola yang belum memiliki QR Code PeduliLindungi atau yang QR Code-nya bermasalah dengan sinyal, maka status yang diterapkan adalah uji coba dengan menunjukan kartu vaksin.

Meski telah dibuka, namun pembatasan tetap dilakukan. Misalnya dengan menerapkan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen ataupun dengan pemberlakukan ganjil genap.

Terkait penerapan ganjil genap, Ia menyatakan bahwa pada Kamis (21/10/2021) kemarin pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Polres Bantul untuk pemantapan giat di lokasi wisata.   

Dari hasil koordinasi tersebut, pihaknya memutuskan untuk menerapkan ganjil genap di wisata pantai. Namun ada yang berbeda dengan penerapan ganjil genap kali ini.

"Kalau opsi saya, misalnya kawasan Pantai Parangtritis pada saat tanggal ganjil maka kendaraan yang diperbolehkan yang berpelat nomor ganjil, tapi di tanggal yang sama untuk kawasan pantai di wilayah barat diterapkan untuk kendaraan berpelat nomor genap," ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Adapun untuk kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya pada Jumat (22/10/2021) untuk kendaraan berpelat nomor genap, Sabtu (23/10/2021) ganjil dan Minggu (24/10/2021) genap.

Sementara untuk pantai wilayah barat yakni pantai Baros hingga Pandansimo berlaku sebaliknya yakni pada jumat (22/10/2021) untuk kendaraan berpelat nomor ganjil, Sabtu (23/10/2021) genap dan Minggu (24/10/2021) ganjil.

Baca juga: Dinas Kebudayaan Kulon Progo Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya untuk Promosi Wisata

Sedangkan untuk kawasan Mangunan tetap sesuai tanggal yakni jumat (22/10/2021) untuk kendaraan berpelat nomor genap, Sabtu (23/10/2021) ganjil dan Minggu (24/10/2021) genap.

"Sehingga nanti alternatifnya, kalau ditolak di pantai timur (parangtritis dan sekitarnya) dan tetap kepengin ke pantai ya silakan ke pantai yang barat. Itu solusinya," ujarnya.

Dengan demikian, maka semua wisatawan dapat memiliki alternatif lokasi wisata sesuai pelat nomor kendaraannya dan diharapkan tidak terjadi penumpukan di satu kawasan wisata tertentu.  

Selain itu, aturan lain yang saat ini diterapkan adalah, anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk tempat wisata dan menggunakan aplikasi PenduliLindungi dengan didampingi orang tua. (nto)  

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved