Breaking News:

Bacaan Niat dan Doa

Maulid Nabi Muhammad SAW, Jangan Lupa Sholat Dhuha sebagai Wasiat Baginda Rasulullah

Maulid Nabi Muhammad SAW atau hari kelahiran Baginda Rasulullah jatuh pada hari ini Selasa (19/10/2021) atau dalam penanggalan Hijriah adalah

freepik
Ilustrasi Sholat berjamaah di Masjid 

TRIBUNJOGJA.COM - Maulid Nabi Muhammad SAW atau hari kelahiran Baginda Rasulullah jatuh pada hari ini Selasa (19/10/2021) atau dalam penanggalan Hijriah adalah 12 Rabiul Awal.

Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia dan mengantarkan Umat Islam menuju cahaya terang benderang dan menuntun umatnya untuk meninggalkan kebatilan dan senantiasa tunduk dan patuh kepada Allah SWT.

Salah satu wasiat yang pernah Nabi Muhammad SAW sampaikan tertuang dalam hadis.

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Bacaan Niat dan Doa Terjemahan Arab Latin

Baca juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Terjemahan dan Manfaat Kesehatannya

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengerjakan Sholat Dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan.” (HR. Tirmidzi dari Abu Daud Ra).

Tulisan Nabi Muhammad SAW
Tulisan Nabi Muhammad SAW (pinterest.com)

Seperti pesan yang disampaikan Baginda Nabi Muhammad SAW untuk umatnya, ibadah Sholah Dhuha sangat dianjurkan karena membawa banyak keutamaan dan kebaikan.

Hal tersebut tertuang dalam Hadist Riwayat Muslim:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan Sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim).

Ilustrasi Sholat Dhuha
Ilustrasi Sholat Dhuha (AboutIslam.net)

Adapun waktu pelaksanaan Sholat Dhuha yakni bisa dikerjakan sebelum adzan Dzuhur berkumandang.

Waktu Dhuha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari (sekitar pukul 07.00 pagi) sampai waktu Dzuhur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved