Breaking News:

HORE! Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Beriwisata di Klaten, Ini Persyaratannya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 untuk menekan penyebaran

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani (kanan) didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten Ronny Roekmito (kanan) saat TribunJogja.com temui di Setda Klaten, Selasa (19/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 untuk menekan penyebaran virus corona.

Perpanjangan tersebut sesuai dengan instruksi dari Pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM selama 14 hari, yakni 19 Oktober sampai 1 November 2021.

Pada perpanjangan PPKM kali ini Kabupaten Klaten masih berada pada PPKM Level 2. Terdapat sejumlah pelonggaran, salah satunya pada sektor wisata.

Baca juga: PPKM Level 2 di Kulon Progo Diharapkan Berimbas Pada Pertumbuhan Ekonomi

"Untuk wisata memang ada pelonggaran, untuk anak di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan berwisata tapi harus dengan pendampingan orang tua," ujar Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito saat TribunJogja.com temui di ruang kerjanya, Selasa (18/10/2021).

Menurut Ronny, meski sudah diperbolehkan berwisata namun untuk waktu kunjungan di objek wisata tetap dibatasi maksimal 2 jam saja dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen dari daya tampung objek wisata itu.

"Anak di bawah umur yang masuk harus didampingi orang tua serta orang tua meninggalkan nomor kontaknya dan alamat tempat tinggalnya," ucap dia.

Diakui Ronny, selain sektor pariwisata terdapat beberapa pelonggaran pada perpanjangan PPKM Periode 19 Oktober hingga 1 November 2021 ini.

Beberapa diantaranya pelonggaran pada tempat kebugaran yang mana, pada PPKM Level 2 periode 5-18 Oktober hanya boleh beroperasi maksimal 25 persen dari kapasitas maksimal.

Untuk PPKM periode terbaru ini, diperbolehkan menerima tamu sebanyak 50 persen kapasitas.

Kemudian, resepsi pernikahan yang juga terjadi pelonggaran.

Baca juga: DI Yogyakarta Jadi PPKM Level 2, Tempat Wisata Boleh Buka dan Anak-anak DIbolehkan Berkunjung

"Sebelumnya hajatan ini hanya boleh 50 undangan kalau sekarang boleh 50 persen kapasitas ruangan," imbuh dia.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menambahkan jika PPKM di Klaten kembali diperpanjang dan masih berada pada PPKM Level 2.

"Kita masih level 2, ketentuanya ada beberapa perubahan. Saat ini kasus covid di Klaten masih fluktuatif, kadang nol kadang bertambah enam kasus," imbuh dia.

Menurut Mulyani, sampai dengan saat ini masih ada 19 warga Klaten yang positif Covid-19 dan saat ini masih menjalani perawatan rumah sakit, isoter hingga isolasi mandiri. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved