Breaking News:

Kota Magelang Sabet Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPA

Kota Magelang berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan

istimewa
Kota Magelang Sabet Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPA 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Kota Magelang berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA).

Penghargaan disampaikan tim KPPA secara virtual kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz yang diwakilkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (DP4KB) Khudoifah, di ruang Command Center kompleks kantor Wali Kota Magelang, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, PKK Kota Magelang Canangkan Pekan IVA Test

Penghargaan tersebut menjadi penghargaan yang ke-11 bagi Kota Magelang. Penghargaan ke-10 diraih pada tahun 2018 dengan kategori yang sama.

APE merupakan apresiasi KPPA kepada pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta pemenuhan kebutuhan anak.

Khudoifah menjelaskan, capaian ini diperoleh setelah Kota Magelang menjalani seleksi dan verifikasi dari tim KPPA.

Salah satu indikatornya adalah keterlibatan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan Kota Magelang. Gender tidak sekadar tentang perempuan dan laki-laki, akan tetapi juga anak, lansia, disabilitas hingga orang terlantar.

"Penghargaan ini adalah prestasi bagi Kota Magelang. Harapan ke depan kita dapat penghargaan untuk ketagori mentor (kategori tertinggi)," kata Khudoifah, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Sekretaris BNPB Hadiri Peringatan Hari Risiko Bencana dan Resmikan Taman di Klaten

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyatakan, penghargaan APE kategori Utama yang didapat Kota Magelang menjadi kebanggaan tersendiri yang diharapkan memicu pemerintah daerah untuk tidak mengesampingkan gender dalam menjalankan program/kebijakan.

"Kita harapkan kesetaraan gender bisa terwujud, apa yang mereka harapkan bisa terpenuhi. Kota Magelang sudah luar biasa, sekarang sudah lebih detil mengerjakan program-program yang melibatkan gender," tutur Aziz. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved