Breaking News:

Pendidikan

Kabupaten Blora Gandeng UGM untuk Kembangkan Industri Peternakan

UGM, Kabupaten Blora dan PT Andini Blora Gama Sejahtera menjalin nota kesepahaman bersama dalam kerja sama pembangunan bidang pertanian dan peternakan

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Blora dan PT Andini Blora Gama Sejahtera menjalin nota kesepahaman bersama dalam kerja sama pembangunan bidang pertanian dan peternakan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Blora dan PT Andini Blora Gama Sejahtera menjalin nota kesepahaman bersama dalam kerja sama pembangunan bidang pertanian dan peternakan.

Melalui kerja sama tripartit selamalimatahun ke depan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga petani dan peternak yang tinggal di sekitar hutan.

“Separuh wilayah Blora adalah hutan sehingga diharapkan bisa membangun ekonomi masyarakat yang tinggal di pinggir kawasan hutan,” kata Bupati Blora Arief Rohman usai penandatangan nota kesepahaman bersama di Balairung, Gedung Pusat UGM, Senin (5/10/2021).

Arief menyebutkan prosentase angka kemiskinan di Blora mencapai 11,9 persen dari total jumlah penduduk.

Baca juga: UGM dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama

Jumlah tersebut berada di urutan kesembilan dari posisi 26 dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

“Dibanding dari Kabupaten lain di Jawa Tengah, kita berada di rangking sembilan dari belakang. Kita akui kondisi jalan yang belum bagus, infrastruktur juga belum, kita ingin pemerintah pusat bantu pembangunan jalan di Getas sehingga perjalanan ke Ngawi dan solo dari Blora bisa lebih cepat,” katanya.

Melalui kerja sama dengan UGM, Bupati memiliki mimpi untuk mengentaskan angka kemiskinan dengan mensejahterakan para petani dan peternak dengan pengengbangan pertanian secara terpadu.

“Menjadi mimpi kami jika bisa meningkatkan populasi ternak sehingga  memberikan kesejahteraan  maksimal dengan model peternakan yang maju dari tingkat hulu hingga hilir,” katanya.

Baca juga: UGM Jadi Universitas Terbaik di Indonesia versi Moscow International University Ranking

Direktur Utama PT ABG Sejahtera Teguh Budi Pramono mengatakan pengembangan Peternakan ini  bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi Blora agar semakin maju dan sejahtera dengan meningkatkan potensi warga lewat pengembangan peternakan.

“Selama ini petani hanya menjual hijauan pakan ternak. Kita ingin buat program bengkel sapi seperti yang dilakukan Prof Ali Agus agar peternak mampu jual sapi dan untung,” katanya.

Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menuturkan bahwa kerja sama ini bisa meningkatkan ekonomi petani dan peternak di Blora melalui berbagai kegiatan pelatihan,pendampingan dan pemberdayaan.

“Semoga kerja sama ini memberikan kontribusi dengan program yang lebih baik apalagi UGM juga memiliki mitra seperti industri dan kementerian lain  yang bisa diajak bersama-sama untuk  berkontribusi memajukan Blora,” katanya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved