Breaking News:

Nasib Kompetisi BWF, WorldSBK & MotoGP Mandalika Setelah WADA Jatuhkan Sanksi Berat bagi Indonesia

Konsekuensi dari hukuman tersebut adalah, Indonesia akan kehilangan hak menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen atau kejuaraan serta mengibarkan

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
motogp.com
MotoGP 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Anti-Doping Dunia (World Anti-Doping Association/WADA) telah menjatuhkan hukuman bagi Indonesia setelah Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dinyatakan tidak patuh. Konsekuensi dari hukuman tersebut adalah, Indonesia akan kehilangan hak menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen atau kejuaraan serta mengibarkan bendera Merah Putih selain pada ajang Olimpiade.

Sanksi WADA untuk Indonesia tersebut resmi dikeluarkan pada Kamis (7/10/2021). Dengan demikian, muncullah pertanyaan seputar nasib penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika dan, tentu saja, tiga turnamen bulu tangkis BWF di Bali akhir tahun ini.

Hukuman dari WADA tersebut, selain mencabut hak Indonesia menjadi tuan rumah untuk kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan, perwakilan LADI juga dinilai tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite, sampai status sanksi mereka dipulihkan atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

WADA menyatakan Indonesia tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga, laporan Reuters dikutip Tribun Jogja via bolasport.

Walau demikian, WADA mengizinkan para atlet dari Indonesia untuk tetap bersaing pada kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia. Namun bendera Merah Putih tidak akan bisa dikibarkan selain pada ajang Olimpiade.

Lantas bagaimana nasib tiga turnamen BWF dan MotoGP di Indonesia? 

Turnamen Badminton

Berdasarkan revisi kalender kompetisi BWF untuk tahun 2021, Indonesia akan menggelar tiga turnamen internasional selama November-Desember mendatang.

Ketiga turnamen internasional itu adalah Indonesia Masters 2021 (16-21 November), Indonesia Open (23-28 November), dan BWF World Tour Finals (1-5 Desember).

Merespons kabar sanksi yang dijatuhkan WADA kepada Indonesia, Kepala Bidang Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto mengonfirmasi bahwa pelaksanaan tiga turnamen di Bali akhir tahun ini akan berjalan sesuai jadwal.

Halaman
1234
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved