Breaking News:

Sebanyak 80 Persen Warga Bangunharjo Bantul Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Setelah Kalurahan Sumbermulyo di Kapanewon Bambanglipuro menjadi kalurahan pertama yang mencapai herd immunity, kini Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Setelah Kalurahan Sumbermulyo di Kapanewon Bambanglipuro menjadi kalurahan pertama yang mencapai herd immunity, kini Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon menjadi kalurahan kedua di Bumi Projotamansari yang 80 persen penduduknya telah tervaksin Covid-19.

Lurah Bangunharjo, Yuni Ardi Wibowo mengatakan pada Rabu (6/10/2021) digelar vaksinasi untuk 1.000 warga. Sebelumnya, warga Banguharjo yang sudah tervaksin sekitar 11.017 orang.

Dengan jumlah tersebut, maka sasaran vaksinasi hanya menyisakan sekitar 4 ribuan warga, di mana target sasaran vaksinasi di Kalurahan Bangunharjo mencapai 16.955.

Baca juga: Total 99 Persen RT di Gunungkidul Sudah Zona Hijau, PPKM Level 3 Tetap Berlanjut

Dengan lebih dari 12 ribu sasaran yang telah tervaksin saat ini, berarti 80 persen warga Bangunharjo sudah tervaksin dan herd immunity bisa tercapai.

"Kalau yang 1.000 sasaran hari ini mendapatkan vaksin pertama maka satu bulan yang akan datang sudah tercapai herd immunity karena sudah 80 persen sasaran warga Bangunharjo sudah tervaksin dosis pertama dan kedua,"ujarnya.

Sementara terkait 4 ribuan sasaran yang belum tervaksin ada kemungkinan bahwa ada warga yang mengikuti vaksin di luar Kabupaten Bantul seperti para pekerja yang bekerja di daerah Kota Yogyakarta.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan pendataan warga melalui ketua RT. Dengan begitu maka akan ada data valid warga yang sudah tervaksin atau belum tervaksin.

"Bagi warga yang belum tervaksin akan kita fasilitasi vaksin di Puskesmas atau nantinya ada kegiatan vaksin door to door," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan  Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho menyatakan bahwa hingga Selasa (5/10) kemarin, capaian vaksinasi di Kabupaten Bantul mencapai 70,77 persen atau sekitar 583 ribu dari 824 ribu sasaran untuk vaksin tahap pertama.

Baca juga: Polresta Magelang Gelar Vaksinasi Massal di SMA Negeri 4 Kota Magelang

Dengan jumlah tersebut, dirinya optimis pada akhir bulan Oktober ini 80 persen dari target sasaran sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

"Namun demikian untuk target 100 persen sasaran baru akan tercapai pada bulan Desember 2021 yang akan datang,"ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Abedi mengakui bahwa antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksin cenderung menurun akhir-akhir ini. Namun menurutnya, hal itu dikarenakan banyak warga yang sudah vaksinasi di luar Bantul.

"Vaksinasi tidak hanya di Bantul saja namun bisa di kota lainnya sehingga kevalidan data sangat diperlukan. Dan saat ini Ketua RT sedang melakukan pendataan warganya yang sudah tervaksin dan belum tervaksin," tandasnya.(nto) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved