Breaking News:

Jawa

Memasuki Musim Penghujan, BPPTKG Ingatkan Potensi Lahar Dingin Merapi

Wilayah yang rentan terhadap bencana lahar dingin meliputi sepanjang sungai yang berhulu Merapi, yakni Sungai Gendol, Opak, Kuning, dan Boyong.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Perekayasa Ahli Madya BPPTKG , Dewi Sri Sayudi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagia Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan memasuki musim penghujan potensi terjadi lahar dingin Gunung Merapi masih menjadi ancaman.

Perekayasa Ahli Madya BPPTKG , Dewi Sri Sayudi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terutama yang berada di wilayah aliran sungai.

"Saat ini, Gunung Merapi masih mengeluarkan guguran lava dan awanpanas artinya aktivitasnya masih bisa meningkat. Sehingga, ketika memasuki musim hujan, airnya bisa membawa material Merapi dan mengalirkannya ke sungai," ucapnya Rabu (06/10/2021).

Ia menambahkan, wilayah yang rentan terhadap bencana lahar dingin meliputi sepanjang sungai yang berhulu Merapi, seperti seperti Sungai Gendol, Opak, Kuning, dan Boyong di  Kabupaten Sleman.

Baca juga: Laporan BPPTKG Yogyakarta : Gunung Merapi Luncurkan 144 Kali Guguran Lava Selama Sepekan Terakhir

Dan, Kali Bebeng, Kali Putih, Kali Pabelan, Kali Senowo, dan Kali Lamat di Kabupaten Magelang

"Sehingga, masyarakat harus tetap siaga namun tidak boleh panik berlebihan. Harapannya tetap mandali," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pelatihan dan sosialisasi terkait mitigasi bencana.

Serta, melakukan simulasi penanggulangan dan penanganan bencana.

"Kami minta kepada Pemerintah Daerah bisa mengedukasi masyarakat dengan baik terkait penanganan bencana. Dengan demikian cakupan mitigasi menjadi lebih luas dan dampak risiko bencana dapat dikurangi," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved