Breaking News:

Klaten Turun ke PPKM Level 2, Bupati Sri Mulyani Minta Warga Tidak Euforia

Pemerintah menetapkan wilayah aglomerasi Soloraya termasuk Kabupaten Klaten menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat ditemui di Pendopo Setda Klaten, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah menetapkan wilayah aglomerasi Soloraya termasuk Kabupaten Klaten menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 pada periode 5-18 Oktober 2021.

Penurunan status tersebut berdasarkan sejumlah indikator yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan cakupan vaksinasi daerah itu.

Bupati Klaten, Sri Mulyani meminta masyarakat Klaten untuk tidak terlalu euforia dengan penurunan status tersebut karena saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca juga: Asisten Manajer Manchester United Mike Phelan Menandatangani Kontrak Baru Hingga 2024

"Alhamdulillah sudah disampaikan bahwa tanggal 5-18 Oktober 2021, PPKM kembali diperpanjang dan Klaten turun ke PPKM Level 2. Tentunya turun level ini jangan sampai terjadi euforia yang besar," ucap Mulyani saat TribunJogja.com temui di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (5/10/2021).

Menurut Mulyani, terjadinya penurunan PPKM di Klaten dari Level 3 ke Level 2 merupakan sinergitas dari berbagai pihak termasuk masyarakat yang mau menjalani dan menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, selama Kabupaten Bersinar berstatus PPKM Level 2, pihaknya bakal mengizinkan sejumlah sektor seperti pariwisata, seni pertunjukan dan pelaksanaan resepsi hajatan yang tadinya ditutup untuk dibuka secara bertahap.

"Nanti step by step apa yang tentunya boleh dibuka akan diperbolehkan untuk dibuka, yadi saya sudah koordinasi dengan pak kapolres dan pak dandim," jelasnya.

Diakui Mulyani, selama PPKM Level 2 tetap akan ada pembatasan yang akan diberlakukan agar tidak terlalu bebas.

Baca juga: Dinsos DIY Menutup 31 Shelter Isolasi Pasien Covid-19, Sisakan 1 Shelter Aktif

"Kegiatan-kegiatan akan kita batasi, sesuai aturan ketentuannya agar masyarakat tidak bebas. Harapan saya masyarakat yang manfaatkan wisata jangan terlalu euforia, intinya selalu disiplin," ucapnya.

Pembatasan itu, lanjut Mulyani bakal tetap dilaksanakan agar PPKM di Klaten tidak hanya di level 2 dan bisa turun ke level 1.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito membenarkan Klaten saat ini sudah turun ke PPKM Level 2.

"Iya sekarang sudah ke level 2. Saat ini sedang disusun Instruksi bupati dan mudah-mudahan hari ini selesai dan bisa jadi panduan untuk menerapkan PPKM Level 2 di Klaten," tambahnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved