Breaking News:

Termasuk Wilayah Aglomerasi, Pemkot Magelang Kejar Herd Immunity

Wilayahnya termasuk aglomerasi, Pemerintah  Kota (Pemkot) Magelang optimis kejar herd immunity melalui percepatan vaksinasi.

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Wilayahnya termasuk aglomerasi, Pemerintah  Kota (Pemkot) Magelang optimis kejar herd immunity melalui percepatan vaksinasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono menuturkan, capaian vaksinasi  menjadi indikator untuk penurunan level nantinya.

"Agar turun level, capaian vaksinasi harus 50 persen. Sedangkan, Kota Magelang untuk dosis pertama mencapai 46 persen dan dosis kedua 25 persen dari jumlah penduduk 128 ribu dan wajib vaksin sekitar 90 ribu orang. Namun, capaian ini juga digabung dengan wilayah Kabupaten Magelang yang penduduknya sekitar 1,3 juta itu, jadi sedikit lebih lama karena hitungannya kesatuan. Sehingga, melihat juga capain vaksin di sana (Kabupaten)," ujarnya saat konferensi pers, Rabu (29/09/2021).

Baca juga: Risiko Kematian Rendah, Beternak Ayam Joper Dinilai Punya Potensi Menjanjikan 

Ia menambahkan, pihaknya pun mengajukan penambahan vaksin untuk mengakselerasi vaksinasi.

Karena, penerima vaksin di Kota Magelang sebagian juga berasal dari Kabupaten Magelang.

"Kami minta tambah vaksin, karena orang Kabupaten yang di Kota misalnya bekerja,itu mendapatkan vaksinnya di sini (Kota Magelang). Meskipun prioritasnya tetap masyarakat Kota Magelang," ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya mengklaim pelaksanaan vaksinasi tidak ditemui kendala.

Animo masyarakat mengikuti vaksin cukup baik.

Baca juga: APBD Perubahan 2021 Disahkan, Proyeksi Belanja Pemkab Gunungkidul Naik

"Tidak ada kendala, masyarakat sangat antusias untuk melakukan vaksin,"tuturnya.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Magelang Agus Tri Ratmoko menuturkan, untuk gabungan vaksinasi di Kota Magelang secara keseluruhan sudah mencapai sekitar 91,33 persen.

"Angka tersebut didapat, dari gabungan vaksin dosis pertama dan kedua. Adapun, total suntikan dari penggabungan tersebut sebanyak 177.341 suntikan dari 128 ribu jumlah total penduduk," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved