Breaking News:

Pemkot Magelang Rencanakan Pengadaan Wifi Gratis untuk Warga

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, menyampaikan WiFi gratis di tiap RW ini merupakan janji saat dirinya berkampanye pada Pilkada 2020

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang mencanangkan pengadaan wifi gratis bagi masyarakat sebagai program unggulan untuk mengembangkan potensi masyarakat.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu, menjelaskan WiFi untuk RW ini adalah salah satu program unggulan Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, untuk mendukung program Balai Belajar, pengembangan potensi usaha dan kebutuhan masyarakat lainnya.

"WiFi untuk RW ini adalah program unggulan Wali Kota Magelang terkait Balai Belajar, digunakan untuk memberikan support masyarakat tidak mampu, khususnya pelajar, sebagai sarana daring, dan sebagainya," paparnya, Selasa (28/09/2021).

Selain itu, program ini juga diharapkan untuk pengembangan potensi RT/RW, seperti pengembangan UMKM, yang saat ini banyak diarahkan lewat online pemasarannya.

Ia tidak memungkiri, program ini menimbulkan kekhawatiran terkait pemanfaatannya.

"Memang ada kekhawatiran, apakah akan dimanfaatkan dengan baik. Tapi itu jadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Pasti akan dibuat rambu/ketentuan siapa yang yang bertanggungjawab, caranya, dan siapa saja yang boleh mengakses dan hal teknis lainnya," terangnya.

Bahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan provider agar mereka membatasi atau hanya menyediakan layanan yang sesuai, misalnya hanya konten pendidikan saja yang bisa diakses.

Ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan atau pemanfaatan yang tidak perlu.

Lebih lanjut, program ini termasuk bagian dari program Rp30 juta per RT (Rodanya Mas Bagya) yang merupakan satu rangkaian dengan program Balai Belajar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved