Breaking News:

Berita Kesehatan

Jengkol Bisa Meningkatkan Risiko Gagal Ginjal, Begini Cara Pencegahannya

Biji jengkol mengandung asam jengkolat yang jika dicek di dalam mikroskop dapat menimbulkan kristal jengkol yang bentuknya sangat persis seperti jarum

Editor: Mona Kriesdinar
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Semur jengkol 

TRIBUNJOGJA.COM - Meskipun tergolong memiliki bau yang tak sedap, namun faktanya banyak orang yang menyukai jengkol. Tumbuhan yang memiliki nama latin archidendron pauciflorum ini memang diakui lezat apalagi jika dimasak dengan cara disemur. Sebagian orang akan sangat tergugah nafsu makannya jika jengkol menjadi salah satu menu makanannya.

Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol secara berlebihan.

Lantaran ada potensi bahaya kesehatan akibat dari mengonsumsi jengkol.

Satu di antaranya yakni risko terjadinya gagal ginjal.

"Jadi, jengkol itu prinsipnya bagus. Dia masuk dalam golongan sayuran, dia juga anti radikal bebas. Tapi konsumsi yang berlebihan bisa membuat gagal ginjal juga," ungkap dr Okki Ramadian SpPD, ahli penyakit dalam dari RS Mitra Keluarga sebagaimana dilansir kompas.com.

Baca juga: Mengenal Gagal Ginjal : Gejala, Tanda Awal Serta Faktor Pemicu Utamanya

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ia menjelasakan, jengkol yang identik dengan aromanya memang dikenal dapat menyebabkan kejengkolan atau keracunan biji jengkol. Pada fase yang lebih lanjut, bisa menyebabkan gagal ginjal.

Menurut Okki, hal ini karena biji jengkol mengandung asam jengkolat yang jika dicek di dalam mikroskop dapat menimbulkan kristal jengkol yang bentuknya sangat persis seperti jarum.

Ketika kristal tersebut menumpuk di saluran ginjal, dapat menyebabkan sulitnya buang air kecil, kencing berdarah, sakit pinggang yang luar biasa, dan berujung pada gangguan ginjal.

Biasanya, kondisi ini terjadi ketika kita mengonsumsi jengkol secara berlebihan ditambah dengan kondisi yang kurang air minum.

Baca juga: Bahan-bahan Alami Pembersih Ginjal, Bisa Membantu Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved