Breaking News:

E-learning PKP, Solusi Peningkatan Keamanan Pangan di Sleman Pada Masa Pandemi 

Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) memaksa manusia untuk menerapkan kebiasaan baru, dan berinovasi dalam segala hal.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) memaksa manusia untuk menerapkan kebiasaan baru, dan berinovasi dalam segala hal.

Termasuk kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang biasa diselenggarakan dengan cara berkumpul dan tatap muka, kini harus diganti dalam jaringan (online).

Karenanya, Dinas Kesehatan Sleman meluncurkan inovasi e-learning Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).

Modul pembelajaran digital ini dirasakan lebih mudah dan menjadi solusi dalam upaya mempercepat peningkatan keamanan pangan di masa pandemi. 

Baca juga: Sebanyak 177 Sekolah di DI Yogyakarta Sudah Gelar Vaksinasi Covid-19, PTM Tergantung Izin Orang Tua

Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan, Dinkes Sleman, drg Atikah Nurhesti mengatakan, inovasi e-learning PKP dilatarbelakangi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang tidak diperbolehkan berkumpul.

Lalu surat Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta yang menyarankan tahap pengajuan dan evaluasi permohonan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), serta kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan dilaksanakan secara online.

Sebab itu, Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan dari semula berkumpul dan tatap muka, berubah melalui aplikasi zoom. 

Antara tatap muka dan zoom sebenarnya tidak berbeda jauh. Namun, penyuluhan yang dilakukan dalam jaringan, ternyata dirasakan lebih kompleks.

Peserta harus menatap layar laptop berjam-jam. Padahal dalam situasi pandemi, situasi yang serba sulit, bagi orang yang harus survive memenuhi kebutuhan, waktu sangatlah penting.

Ditambah, ketika belum memahami materi yang disampaikan, untuk bertanya, peserta zoom dibatasi waktu, karena serba terbatas. Padahal antusias bertanya sangat tinggi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved