Breaking News:

Kabupaten Sleman

Objek Uji Coba Pembukaan Wisata di Sleman Ganti ke Tebing Breksi

Sebelumnya, destinasi yang mengantongi izin buka hanya Candi Ratu Boko. Namun, objek uji coba kini berganti ke Tebing Breksi. 

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Objek wisata Tebing Breksi di Kapanewon Prambanan, Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Objek uji coba pembukaan wisata di Kabupaten Sleman resmi berganti.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi evaluasi PPKM Jawa-Bali pada Selasa (7/9/2021) lalu disebutkan, destinasi yang mengantongi izin buka hanya Candi Ratu Boko, di bawah pengelolaan PT Taman Wisata Candi (TWC).

Namun, objek uji coba kini berganti ke Tebing Breksi

Izin uji coba Tebing Breksi telah ditetapkan melalui surat edaran No. SE/8/IL.04.00 DII/2021 tentang panduan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan pada tempat wisata dari Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penunjukan izin uji coba tersebut, setelah ada permohonan mengganti objek uji coba wisata yang diajukan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY.

Baca juga: Bila Diizinkan, Tebing Breksi Sudah Siap Ujicoba Buka 

Pertimbangannya, Tebing Breksi berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sementara, Ratu Boko adalah objek milik BUMN yang dikelola TWC dan dianggap sudah terwakilkan lewat pembukaan Candi Prambanan.

"Ratu Boko dan Prambanan ini kan sama-sama dikelola TWC dan basisnya BUMN. Apalagi Prambanan juga diizinkan buka. Kalau Tebing Breksi ini kan basisnya Bumdes dan Pemberdayaan masyarakat. Untuk itu kemarin Dispar DIY mengajukan permohonan itu," kata Kustini, Senin (13/9/2021). 

Kustini menilai penunjukan tebing Breksi sebagai objek uji coba pembukaan wisata sangat tepat.

Disamping dikelola oleh BUMdes dan bersifat pemberdayaan masyarakat, destinasi yang berada di Kecamatan Prambanan itu juga sebagai tempat promosi sejumlah olahan produk UMKM masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved