Breaking News:

5 Destinasi Wisata di Klaten Telah Lakukan Simulasi Pembukaan Objek Wisata, Ini Rinciannya

Lima objek wisata yang melakukan simulasi pembukaan destinasi wisata merupakan objek wisata air dan objek wisata alam.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah pengunjung saat berenang di objek wisata Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Lima destinasi wisata yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah telah melaksanakan simulasi pembukaan objek wisata.

Para pengelola pun berharap objek wisata di Kabupaten Bersinar segera mendapat izin untuk beroperasi karena telah lama ditutup akibat pandemi.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan jika lima objek wisata yang melakukan simulasi pembukaan destinasi wisata merupakan objek wisata air dan objek wisata alam.

"Sejauh ini sudah lima objek wisata yang lakukan simulasi pembukaan objek wisatanya. Semuanya wisata tirta dan alam," ujar Sri Nugroho saat Tribun Jogja temui di Setda Klaten, Kamis (9/9/2021).

Nugroho merinci, 5 objek wisata yang telah melaksanakan simulasi pembukaan objek wisata itu yakni, Umbul Ponggok, Umbul Pelem, Umbul Nilo, Umbul Pluneng dan Bukit Sidoguro.

"Saat simulasi ini rata-rata sudah sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 yang kita harapkan dan juga telah sesuai dengan edaran kami dan edaran provinsi," ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan simulasi objek wisata tersebut dilakukan hanya satu hari saja dan bertujuan untuk mempraktekan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Setelah menggelar simulasi, semua objek wisata tersebut ditutup kembali.

"Untuk saat ini, memang semua objek wisata kita belum buka karena masih pada periode pelaksanaan PPKM Level 3 dan kita menunggu turun ke level 2 agar bisa buka ya," katanya.

Sebelumnya, Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri selaku pengelola objek wisata  Umbul Ponggok, Agus Santoso mengatakan, pihaknya telah melakukan simulasi pembukaan objek wisata.

"Kita sudah simulasi, jadi kita buat role atau aturan yang akan diterapkan kepada wisatawan yang datang saat pandemi, kekurangan-kekurangan akan kita sempurnakan," ucapnya.

Ia mengatakan, nantinya jika objek wisata di Klaten sudah boleh dibuka, maka para pengunjung yang boleh datang adalah yang sehat dan bisa menunjukan dokumen kesehatan seperti sertifikat vaksin.

"Nanti bagi pengunjung yang sudah vaksin akan kita berikan reward atau diskon tiket masuk. Itu potongan tiket bisa sekitar 20 persen," ucapnya.

Menurutnya, untuk saat ini secara umum objek wisata Umbul Ponggok masih ditutup karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten masih menutup objek wisata di daerah itu.

"Secara umum kita masih tutup, belum buka ya. Kita kan masih PPKM level 3, jadi belum boleh buka. Kegiatan prasimulasi ini untuk persiapan jika Klaten masuk PPKM Level 2," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved