Breaking News:

Hingga Saat Ini Serapan Dana UGR Tol Yogya-Bawen di Tirtoadi Sleman Sebesar Rp 365 Miliar

Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen masih berkonsentrasi menyelesaikan pembebasan lahan untuk

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
Screenshoot Google Earth
Peta wilayah Tirtoadi, Mlati, Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen masih berkonsentrasi menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut.

Kegiatan musyawarah warga hingga pembayaran uang ganti rugi (UGR) terus berjalan di tengah penerapan PPKM saat ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Yogya-Solo, Wijayanto mengatakan,  pembebasan lahan tol Yogya-Solo di DI Yogyakarta saat ini masih menunggu proses pembayaran UGR bagi dua padukuhan di Purwomartani, dan Kalasan.

"Yakni, Dusun Kadirojo 1 dan Cupuwatu 2. Untuk warga Kadirojo 1 jumlah bidang terdampak 59 bidang dengan estimasi dana UKR Rp 38 miliar sementara Cupuwatu 2 jumlah bidang terdampak 109 bidang dengan estimasi UKG Rp 139 miliar. Saat ini, baru diproses ke LMAN (untuk proses pembayaran)," katanya, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: 46 Anak Yatim Piatu yang Orangtuanya Meninggal Akibat Covid-19 Terima Santunan Pemkab Kulon Progo

Sembari menunggu proses pembayaran selesai, kegiatan pembersihan lahan di Purwomartani juga mulai dilakukan meskipun dalam skala kecil. 

"Kami masih terus berproses, tahap per tahap dilakukan terutama pembebasan lahan ini. Dusun per dusun, sampai semua dibebaskan," katanya.

Sementara PGS Direktur Utama PT Jasamarga Yogya Bawen, Oemi Vierta Moerdika untuk progres pembayaran UGR yang sudah terserap sebesar Rp 365 miliar untuk Desa Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman

Hingga kini, lahan yang sudah dibebaskan seluas 8,6 hektare dari sekitar 47,6 hektare yang dibutuhkan. 

Adapun estimasi dana pembebasan lahan untuk tol Yogya-Bawen sekitar Rp 7,5 Triliun.

"Saat ini kami masih konsentrasi pada pembebasan lahan. Kemarin sudah digelar musyawarah warga Margomulyo, selanjutnya dijadwalkan musyawarah warga Margodadi. Semua tahapan terus kami laksanakan sampai semua lahan dibebaskan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved