Breaking News:

Berita Kesehatan

Sering Tak Memakai Bra Apakah Bisa Membuat Payudara Menjadi Kendur? Ini Jawaban Ahli

Dr. Blake mengatakan memakai bra tidak mencegah payudara kendur dan tidak memakai bra tidak menyebabkan payudara kendur.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Saat berada dalam suasana santai di rumah, tak sedikit wanita yang nyaman tanpa mengenakan bra. Lantaran dengan begitu, mereka merasakan kenyamanan dengan tidak adanya tali pengikat yang melingkar di punggung mereka.

Selain hal itu, ada juga beberapa mitos yang berkaitan dengan penggunaan bra. Salah satunya seperti melepas bra akan mengurangi risiko kanker payudara. Ada juga yang mengatakan bahwa tak mengenakan bra bisa membuat payudara menjadi kendur.

Benarkah demikian?

Spesialis kesehatan payudara Cassann Blake, MD dalam Cleveland Clinic, menawarkan perspektifnya tentang masalah ini dan membantu menjernihkan beberapa mitos tentang memakai atau tidak memakai bra. Berikut uraiannya;

Baca juga: Kaum Wanita Wajib Tahu, 4 Jenis Makanan Ini Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

1. Apakah tidak memakai bra menyebabkan kendur?

Dr. Blake mengatakan memakai bra tidak mencegah payudara kendur dan tidak memakai bra tidak menyebabkan payudara kendur.  

“Mengenakan bra tidak memengaruhi risiko payudara kendur, atau yang disebut “ptosis payudara.” Itu juga tidak akan mempengaruhi bentuk payudara Anda. Namun, jika Anda memiliki ukuran payudara yang lebih besar, Anda mungkin merasa lebih nyaman mengenakan bra karena dapat membantu meringankan atau mencegah sakit punggung , yang sering kali disebabkan oleh berat payudara Anda. Mengenakan bra olahraga bisa membantu dalam hal ini,” kata Dr. Blake. 

Baca juga: Nyeri di Bagian Payudara Tak Selalu Disebabkan oleh Kanker, Ini Berbagai Penyebabnya

2. Mengenakan bra tidak meningkatkan risiko kanker payudara

Terlepas dari apa yang mungkin Anda dengar, Dr. Blake mengatakan mengenakan bra tidak meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara. Atau sebaliknya, tak mengenakan bra akan menurunkan risiko kanker payudara.

“Dari sudut pandang kanker payudara , mengenakan bra tidak memengaruhi risiko kanker payudara. Saya pernah ditanya apakah bra berkawat dapat memengaruhi risiko kanker payudara seseorang? Dan ternyata tidak. Jadi, memakai bra tidak meningkatkan, juga tidak mengurangi, risiko kanker payudara," tandasnya.

Pada akhirnya, pilihan terserah Anda.

Jika Anda merasa nyaman tanpa bra, bagus untuk Anda. Jika Anda lebih suka mengenakan bra untuk setiap musim dan acara, tidak ada yang salah dengan itu.

Apakah buruk memakai bra saat tidur? Tidak, jika itu membuatmu merasa lebih baik.

Dr. Blake mengatakan bahwa keputusan yang sangat pribadi ini semua bermuara pada kenyamanan Anda.  

“Tidak apa-apa untuk melakukan apa pun yang nyaman bagi Anda. Jika tidak mengenakan bra terasa nyaman bagi Anda, tidak apa-apa. Jika Anda merasa bahwa beberapa dukungan diperlukan, maka mungkin bralette atau bra tanpa kawat akan menjadi media yang menyenangkan di rumah. Itu semua tergantung pada apa yang membuat Anda nyaman," jelasnya. (*/Cleveland Clinic)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved