Breaking News:

Berita Kesehatan

Penyebab Wajah Jadi Berjerawat Setelah Mengenakan Masker Selama Pandemi

Ketidakseimbangan bakteri dan gesekan dari masker Anda dapat memicu timbulnya jerawat dan rosacea serta sesuatu yang disebut dermatitis perioral

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
ils
ils: ilustrasi wajah berjerawat 

TRIBUNJOGJA.COM - Pandemi covid-19 telah mengharuskan semua orang untuk disiplin mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sementara Anda berhasil mencegah paparan covid-19, ternyata ada masalah lain yang muncul. Yakni wajah Anda menjadi berjerawat setelah mengenakan masker dalam waktu lama.

Apakah Anda salah satu yang mengalaminya?

Ahli kecantikan Amy Kassouf, MD dalam Cleveland Clinic mengatakan bahwa stres akibat pandemi, serta iritasi lokal dari masker bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Ia menjelaskan, saat Anda bernapas atau berbicara, masker Anda cenderung terperangkap dalam banyak udara panas. Selain mengganggu, udara ini menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap — dan tempat yang ideal bagi ragi, bakteri, dan flora lainnya, seperti demodex (jenis tungau kulit yang secara alami hidup di kulit kita), untuk tumbuh.

Dr. Kassouf mengatakan bahwa ketidakseimbangan bakteri dan gesekan dari masker Anda dapat memicu timbulnya jerawat dan rosacea serta sesuatu yang disebut dermatitis perioral. 

Ini adalah saat jerawat dan pustula halus muncul di sekitar hidung dan mulut.

Baca juga: Jerawat Susah Hilang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bisakah riasan, losion, atau tabir surya membuat masker menjadi lebih buruk?

Anda mungkin berasumsi bahwa hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat tak terkendali.

Padahal tidak selalu demikian. Dr Kassouf mengatakan bahwa lotion, perawatan topikal dan tabir surya dapat membantu menenangkan dan menyeimbangkan flora kulit normal Anda.

“Lapisan pelembab (lebih ringan jika Anda berminyak atau berjerawat dan lebih tebal jika Anda memiliki kulit sensitif atau eksim) atau bahkan tabir surya yang mengandung seng atau titanium dapat membantu kulit Anda dengan berfungsi sebagai penghalang terhadap gesekan atau iritasi yang berkembang,” katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved