Breaking News:

Kasus Positif Corona DKI Jakarta di Bawah Batas Standar WHO

pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tingkat persentase kasus positif corona di Jakarta

Editor: Iwan Al Khasni
google.com
Peta Jakarta 

Tribunjogja.com JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tingkat persentase kasus positif corona di Jakarta atau positivity rate corona dalam sepekan terakhir sudah cukup rendah yakni sebesar 3,9%.

Data itu Artinya tingkat positivity rate corona di Jakarta di bawah persentase kasus positif atau positivity rate secara total di Indonesia yang sebesar 14,6%.

Seperti kita tahu Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menetapkan standar persentase kasus positif corona atau positivity rate corona di suatu wilayah tidak lebih dari 5%.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia berdasarkan target tes corona yang ditetapkan oleh WHO adalah 1.000 orang dites PCR corona per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen).

Artinya target WHO untuk tes corona di Jakarta adalah minimum 10.645 orang dites per minggu.

"Target tes corona di Jakarta ini telah terlampaui selama beberapa waktu. Dalam seminggu terakhir ada 65.824 orang dites PCR corona di Jakarta. Sementara itu, total tes PCR corona di Jakarta kini telah mencapai 547.199 per sejuta penduduk," terangnya.

Adapun data tes corona di Jakarta khusus hari Minggu (5/9) kemarin adalah sebanyak 10.141 di tes corona di Jakarta, atau sekitar 31% dari total tes corona di Indonesia secara nasional yang mencapai 32.829 pada hari Minggu (5/9).

Adapun jumlah kasus aktif corona di Jakarta pada Minggu (5/9) turun sejumlah 35 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari Minggu (5/9) sebanyak 5.585 (orang yang masih dirawat/ isolasi).

Sedangkan, jumlah kasus konfirmasi corona di Jakarta secara total sampai Minggu (5/9) sebanyak 852.692 kasus.

Perlu diketahui, hasil tes antigen positif corona di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR.

Dari jumlah total kasus positif corona di Jakarta, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 833.765 dengan tingkat kesembuhan 97,8%.

Sementara jumlah pasien corona di Jakarta yang meninggal dunia total 13.342 orang dengan tingkat kematian 1,6%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 3,3%.

Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya mengendalikan pandemi corona di Jakarta sehingga jumlah kasus baru dan kasus aktif terus menurun.

Seiring dengan menerapkan testing, tracing dan treatment serta vaksinasi corona di Jakarta juga digalakkan pada sejumlah kelompok prioritas.

Kendati demikian, masih dibutuhkan peran serta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. (*)

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved