HUT Ke 827 Kabupaten Trenggalek

Sultan: DIY-Trenggalek Merajut Komitmen Memajukan Budaya Mataram

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Keraton Yogyakarta berkesempatan ‘hadir’ di Hari Jadi ke-827 Kabupaten Trenggalek.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Gubernur DIY yang juga Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Keraton Yogyakarta berkesempatan ‘hadir’ di Hari Jadi ke-827 Kabupaten Trenggalek.

Dalam wabinar nasional yang mengusung tema Trenggalek Tangguh Indonesia Tumbuh itu, Sultan
menyapa Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan masyarakat Trenggalek melalui daring.

Pada kesempatan itu, Sultan memaparkan, Keterikatan sejarah DIY dan Trenggalek salah satunya bermula dari perjanjian Gianti 1755, di mana kerajaan Mataram terpecah menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Wilayah kabupaten trenggalek seperti di dalam bentuknya yang seperti sekarang ini, kecuali Panggul dan Munjungan, masuk ke dalam wilayah kekuasan Bupati Ponorogo, yang berada di bawah kekuasaan Kasunanan Surakarta

Sedangkan Panggul dan Munjungan masuk wilayah kekuasaan Bupati Pacitan yang berada di bawah kekuasaan Kasultanan Yogyakarta.

“Melalui momentum hari jadi, Pemda DIY merasa perlu merajut ulang komitmen memajukan budaya Mataram dengan Kabupaten Trenggalek, untuk menumbuhkan lagi spirit ke-Indonesiaan,” kata Sultan.

“Bersama-sama kita nguri-uri kebudayaan, dalam semangat gendhon rukun rumangsa melu andarbeni, wajib melu angrukepi,” tambahnya.

Menurut Sultan, situasi pandemi seperti saat ini, menjadi waktu yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi perayaan hari jadi dalam suasana yang bersahaja, adalah momentum untuk bangkit menjadi lebih tangguh, dengan lebih bersinergi untuk tumbuh.

Dikatakan Sultan, Kabupaten Trenggalek tidak berjalan sendiri, karena Pemda DIY, adalah saudara yang selalu menemani proses perjalanan pembangunan Kabupaten Trenggalek.

“Saya Hamengku Buwobo X, Gubernur DIY sekaligus mewakili masyarakat Yogyakarta, menyampaikan Dirgahayu Kabupaten Trenggalek, semoga Tuhan yang Maha Kuasa, senantiasa meridoi dan merestui seluruh langkah kita untuk masyarakat yang lebih sejahtera, dan berbudaya,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved