Breaking News:

Pendidikan

Fakultas Geografi UGM Gelar Upacara Dies Natalis ke-58

Fakultas Geografi UGM menggelar upacara Dies Natalis ke-58, Rabu (1/9/2021).

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Dekan Fakultas Geografi UGM Dr. Andri kurniawan,M.Si., menyampaikan pidato Laporan Tahunan Dekan Geografi, Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Fakultas Geografi UGM menggelar upacara Dies Natalis ke-58, Rabu (1/9/2021).

Meski digelar secara daring dan luring terbatas, namun tidak mengurangi kemeriahan ulang tahun Fakultas yang usianya sudah lebih dari setengah abad ini sejak didirikan 1 September 1963 silam.

Dekan Fakultas Geografi UGM Dr. Andri kurniawan,M.Si., dalam pidato Laporan Tahunan Dekan Geografi menyampaikan beberapa hasil pencapaian yang diraih oleh Fakultas Geografi dalam satu tahun terakhir.

Beberapa pencapaian tersebut adalah diperolehnya akreditasi tiga prodi program sarjana dan prodi magister yang mendapat akreditasi unggul dari BAN PT.

Baca juga: UGM Luncurkan Tim Gugus Tugas Kemandirian Industri Farmasi dan Alat Kesehatan

Keempat prodi tersebut adalah prodi sarjana Geografi Lingkungan, prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Prodi Pembangunan Wilayah dan Prodi Magister Penginderaan Jauh.

“Selain pengakuan akreditasi unggul dari BAN-PT, sebelumnya salah satu prodi kita sudah dapat akreditasi internasional (ASIIN) dan pengakuan sertifikasi AUN-QA,” kata Andri kurniawan.

Di bidang penelitian kewilayahan dan lingkungan, Fakultas Geografi berhasil meningkatkan jumlah prosiding dan publikasi di jurnal bertaraf nasional dan internasional dimana setiap tahunnya terus mengalami peningkatan dari sisi kuantitas dan kualitas.

Bahkan rasio penelitian maupun publikasi per dosen juga telah mengalami peningkatan secara signifikan.

“Tahun ini ada 181 jumlah publikasi, diantaranya dimuat di 57 jurnal bereputasi internasional dan 67 jurnal terindeks scopus, ” katanya.

Dalam kesempatan itu, Dekan Geografi menegaskan bahwa pencapaian akademik Fakultas Geografi semakin membanggakan dengan penempatan Fakultas Geografi UGM berada di peringkat pertama di Indonesia dalam daftar QS World University Ranking tahun 2021.  

“Dalam daftar tersebut Fakultas Geografi UGM berada di peringkat 4 terbaik di Asean dan peringkat 25 terbaik di Asia. Selain terbaik di Indonesia,bidang studi Geografi UGM berada dalam daftar 150 besar dunia,”paparnya.

Baca juga: Mengenal Smart Vaccine Tube, Alat Penyimpan Vaksin Covid-19 Karya Mahasiswa UGM

Selanjutnya di bidang pengabdian dan kerja sama, Fakultas Geografi juga telah banyak melakukan kegiatan dan kerja sama yang melibatkan  banyak pihak, termasuk lembaga pemerintah, pihak swasta, masyarakat, dan alumni.

“Jejaring kerja sama terus diperluas baik dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri,” tegasnya.

Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan senat akademik Fakultas Geografi beserta para dosen dan tenaga kependidikan yang telah berjuang dan bekerja dengan tekun penuh dedikasi untuk  memajukan Fakultas Geografi hingga seperti sekarang ini.

“Dua tahun ini, Fakultas Geografi melaksanakan Dies Natalis secara daring karena masih dalam suasana pandemi. Namun pandemi Covid-19 juga memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa melaksanakan pendidikan secara inovatif. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Fakultas Geografi UGM  harus terus berusaha agar lebih antisipatif, adaptif dan responsif terhadap perubahan yang ada dengan kolaborasi multiple helix supaya bisa mampu memberi solusi terhadap permasalahan bangsa,” pesannya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved