Breaking News:

Yogyakarta

PPKM di DIY Diprediksi Turun Level Pekan Depan, Sekda DIY : Penurunan Kasusnya Membaik

Prediksi tersebut muncul lantaran grafik penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY telah membaik dari hari ke hari.

TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi bahwa provinsi DI Yogyakarta dapat mengalami penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 menjadi level 3 pada pekan depan.

Hal itu diutarakan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers Rabu (1/9/2021) lalu.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, prediksi tersebut muncul lantaran grafik penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY telah membaik dari hari ke hari.

Begitu juga dengan indikator penerapan kinerja penanganan Covid-19 di wilayah ini.

Baca juga: Kabupaten Kulon Progo Jadi Satu-Satunya Zona Merah di Pulau Jawa, Ini Respon Pemda DIY

"DIY menjadi satu di antara provinsi yang penurunan kasusnya dan indikator levelnya membaik," ujar Aji saat ditemui di kantornya, Kamis (2/9/2021).

Berdasarkan indikator kinerja penanganan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 4805/2021, angka konfirmasi per 100 ribu penduduk DIY pada 30 Agustus 2021 lalu berada di angka 111 kasus.

Hasil itu telah masuk dalam kriteria PPKM Level 3 yakni antara 50-150 kasus.

Begitu pula dengan tingkat keparahan penyakit di masyarakat yang indikatornya adalah pasien yang menjalani rawat inap per 100 ribu penduduk. 

Nilai DIY adalah 20,14 pada 30 Agustus 2021 lalu.

Sedangkan kriteria PPKM Level 3 adalah kurang dari 30 pasien per 100 ribu penduduk.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved