Breaking News:

Kota Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta Tetapkan Balai Kota Sebagai Kawasan Wajib Vaksin Covid-19 

Seluruh warga masyarakat yang hendak mengakses pelayanan publik, dipastikan harus dalam kondisi terimunisasi. 

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menempelkan stiker tanda wajib vaksin Covid-19 bagi seluruh pengunjung Balai Kota, Kamis (2/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta secara resmi menetapkan Balai Kota sebagai kawasan wajib vaksin Covid-19, Kamis (2/9/2021).

Sehingga, seluruh warga masyarakat yang hendak mengakses pelayanan publik, dipastikan harus dalam kondisi terimunisasi. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, langkah tersebut, merupakan bentuk penguatan ketahanan warga dari ancaman Covid-19 yang masih mengintai.

Oleh sebab itu, percepatan vaksinasi pun terus digalakannya, melalui deretan program kawasan wajib vaksin. 

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Gulirkan Program Vaksinasi Covid-19 Kita Jaga Kyai, Sasar Kalangan Pesantren 

"Kita berkomitmen, vaksinasi harus dilakukan lebih cepat. Sehingga, harapan kami, masyarakat yang ingin mengakses layanan di Balai Kota, bagi yang belum, terdorong untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu," ujarnya. 

Mengenai teknis pelaksanaannya, Heroe menyampaikan, semua pengunjung Balai Kota melewati proses skrining di pintu masuk.

Kemudian, petugas bakal menanyakan apa keperluannya dan sudah tervaksin atau belum. Jikalau belum, pengunjung akan divaksin saat itu juga. 

"Jadi, kalau yang belum vaksin, nanti diarahkan ke utara Masjid (Pangeran Diponegoro, Komplek Balai Kota), di sana sudah kita siapkan akses vaksinnya. Kita vaksin di sana dan kalau sudah, kita kasih tanda gelang," katanya. 

"Sementara ini kita pakai mobile vaksin untuk memvaksin pengunjung. Tapi, kedepan kita akan menyediakan tempat khusus, ya, karena mobile vaksin akan kita operasikan, di putar ke titik-titik di wilayah," tambah Wawali. 

Baca juga: Kejar Pelaksanaan PTM, Pemkot Yogya Optimis Selesaikan Vaksinasi Pelajar Awal September

Karenanya, Heroe pun meyakini, kebijakan ini tidak akan menyulitkan warga masyarakat dalam mengakses layanan publik di Balai Kota.

Sebab, Pemkot sudah menyediakan vaksinasi langsung di lokasi, bagi pengunjung. 

"Nggak (menyulitkan) lah. Menyulitkan itu kalau Pemkot menghalangi warga untuk mengakses layanan. Nah, ini kan tidak, malah membuat warga bisa segera mendapat akses vaksin, demi kebaikannya juga itu," cetusnya. 

Lebih lanjut, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 tersebut berujar, ketersediaan dosis vaksin yang terbilang aman, membuat pihaknya leluasa, untuk mengimunisasi pengunjung Balai Kota yang belum tervaksin. 

"Kuotanya maksimal 100 per hari. Jadi, harus diseleksi dulu. Kalau memang mendesak dan betul-betul ada keperluan di Balai Kota, ya kita vaksin," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved