Breaking News:

Selama 25 Tahun Berjualan, Jamu Mak Jah Asli Magelang Diminati Lintas Generasi

Berada di jantung Kota Magelang, Jamu Jawa Tradisional Mak Jah yang terletak di jalan Ikhlas, Magersari, Kota Magelang itu, sekilas tampak sederhana

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Mak Jah penjual jamu di Kota Magelang sedang meracik jamu pesanan pelanggannya, Rabu (01/09/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Berada di jantung Kota Magelang, Jamu Jawa Tradisional Mak Jah yang terletak di jalan Ikhlas, Magersari, Kota Magelang itu, sekilas tampak sederhana di antara bangunan di sekitarnya. 

Hanya ada, satu tenda payung berukuran besar ditemani kursi dan meja kayu tua, sebagai tempat duduk dan tempat menjajakan dagangan. 

Sudah 25 tahun lamanya, Mak Jah (61) si empunya berjualan jamu di sana. Alhasil, peminat Jamu Mak Jah pun berasal dari berbagai generasi.

"Di sini jualan sudah 25 tahun. Sebelum dapat tempat, Mak sempat jualan jamu gendong. Kalau, pembelinya mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bahkan, ada yang langganan awalnya dari Ibunya, malah diteruskan ke anak-anaknya sampai cucunya," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Rabu (01/09/2021).

Baca juga: Vaksinasi Massal 1.300 Dosis Targetkan Seluruh Pelajar di Kapanewon Bambanglipuro

Menariknya lagi, pembeli yang ingin menikmati jamu milik Mak Jah. Dapat melihat langsung proses meracik dari tangan terampilnya.

Di mana, rempah-rempah yang sudah dihaluskan itu, baru diracik ketika ada pembeli yang datang.

"Iya, Mak raciknya pas pembeli datang, biar tetap segar jamunya. Jadi, semuanya bisa dilihat langsung oleh pembeli,  mulai dari memeras sari-sari rempahnya hingga mencampur komposisi dari jamu yang dipesan pelanggan," ujarnya.

Hasilnya, jamu Mak Jah pun terlihat lebih kental dan rasanya lebih khas.

Apalagi, jamu yang dibuatnya memakai bahan rempah-rempah asli dan berkualitas seperti jahe, kencur, kunyit, sambiloto, temulawak, hingga asam jawa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved