Kota Yogyakarta

Capaian Vaksinasi di Kota Yogya Menyentuh 150 Persen dari Total Penduduk Wajib Vaksin 

Capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sejauh ini menyentuh angka 447.333, melampaui total penduduk wajib vaksin, atau di atas 12 tahun.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

TRIBUNJOGJA.COM - tingkat capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta sudah menyentuh 150 persen dari keseluruhan penduduk wajib vaksin.

Tetapi, banyaknya warga luar daerah yang beraktifitas di kota pelajar, membuat warga setempat tidak kunjung tervaksin seluruhnya hingga sekarang. 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, capaian vaksinasi sejauh ini menyentuh angka 447.333.

Menurutnya, jumlah tersebut, sudah melampaui total penduduk wajib vaksin, atau di atas 12 tahun, yang berada di kisaran 311.000 ribu jiwa. 

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Gulirkan Program Vaksinasi Covid-19 Kita Jaga Kyai, Sasar Kalangan Pesantren 

"Berarti sekarang sudah 150 persen. Tapi, (untuk penduduk Kota Yogyakarta) kan kita belum semuanya. Sehingga, fokus kita untuk periode ini tetap memvaksin penduduk yang ber-NIK Kota Yogyakarta," ungkap Heroe, Rabu (1/9/2021). 

Ia pun menyampaikan, dari capaian 447.333 tersebut, 48,9 persen adalah warga ber-NIK Kota Yogyakarta.

Lalu, sisanya, 25,6 persen penduduk Kabupaten Sleman, 17,9 persen dari Bantul, 2,9 persen Kulon Progo.

Kemudian, 3,3 persen dari Gunungkidul dan 1,4 persen dari luar DI Yogyakarta

"Tapi, meski banyak yang dari luar Kota Yogyakarta, mereka sebagian besar memang berdomisili, atau sehari-harinya beraktivitas di wilayah Kota Yogyakarta," terangnya. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut menambahkan, sejak awal memang pihaknya getol memvaksin semua orang yang menjalani aktivitas harian di wilayahnya.

Menurutnya, hal tersebut selaras dengan skema penanganan pandemi, sehingga tidak bisa membeda-bedakan NIK-nya. 

"Yang penting kan mereka aktivitasnya di kota. Strategi epidemiologinya kan seperti itu, semua yang aktivitasnya di kota, ya kita vaksin. Toh, warga kita yang divaksin masih lebih banyak (dibanding warga luar daerah)," ucapnya. 

Baca juga: Kejar Pelaksanaan PTM, Pemkot Yogya Optimis Selesaikan Vaksinasi Pelajar Awal September

"Memang, sampai sekarang masih sekitar 50 persen warga kota yang belum tervaksin. Tapi, kita terus percepat, ya, di periode ini, untuk warga NIK kota," imbuh Heroe. 

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota Yogyakarta itu memaparkan, berdasarkan kelompok usia, untuk 12 tahun ke atas saat ini sudah tervaksin 17.605 orang.

Kemudian, 18-49 tahun ada 20.829 orang. Sementara untuk usia 50-59 tahun tercatat sudah ada 28.171 yang terinjeksi vaksin Covid-19

"Kalau yang 60 tahun ke atas, kita sampai sekarang sudah memvaksin sebanyak 31.740 orang. Tetapi, jumlah itu belum semuanya, karena masih 26.042 orang yang belum tervaksin. Secepatnya kita selesaikan," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved