Breaking News:

Ini Alasan Kenapa Aplikasi Pinjol Bisa Tahu Nomor Kontak Teman-teman Si Peminjam

Aplikasi pinjaman online memiliki kemampuan untuk membaca kontak yang ada di ponsel yang memasang aplikasi tersebut

Editor: Mona Kriesdinar
orrick
iIustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana Anda tiba-tiba ditelepon oleh Debt Collector (DC) pinjaman online (pinjol) yang mengatakan bahwa Anda telah dijadikan kontak darurat oleh teman Anda yang memiliki utang?

Atau tiba-tiba Anda mendapat kiriman berupa foto dan rincian tagihan utang seorang teman Anda? Padahal, Anda yakin benar tidak pernah memberikan izin untuk dijadikan kontak darurat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dikutip dari kompas.com, pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi menjabarkannya lewat sebuah utas di akun twitter dengan handle @ismailfahmi.

Ia menjelaskan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebenarnya telah mensyaratkan aplikasi pinjol legal hanya boleh mengakses "Camilan" alias camera, microphone, dan location saja di ponsel pengguna.

Ada di antaranya aplikasi pinjol yang mematahi persyaratan itu. Namun tak dipungkiri bahwa ada aplikasi pinjol yang meminta akses lebih dalam dari hanya sekadar Camilan.

Semisal membaca riwayat semua URL yang telah dikunjungi pengguna di browser, membaca bookmark di browser, hingga melihat koneksi WiFi pengguna.

Baca juga: Cerita Warga DI Yogyakarta yang Tercekik Pinjaman Online Ilegal, Gali Lubang Tutup Lubang

Apalagi, tambahnya, untuk aplikasi-aplikasi pinjol ilegal.

Mereka bisa mengakses data pengguna yang jauh lebih dalam lagi.

"Kalau pinjol illegal memang lebih parah. Mereka ambil: contact history, contact card, storage (foto, video), phone call, cemilan..." tulisnya.

Dalam tangkapan layar yang disertakan Ismail dari situs APK Fun, aplikasi pinjol ilegal Gudang Tunai dimungkinkan untuk dapat membaca informasi personal pengguna, termasuk membaca kontak yang tersimpan di perangkat pengguna.

Baca juga: Cegah Jeratan Pinjaman Online dan Investasi Ilegal, OJK Akan Edukasi Masyarakat DI Yogyakarta

Dengan adanya akses ini, memungkinkan aplikasi untuk membaca data tentang kontak pengguna yang tersimpan di perangkat, termasuk frekuensi pengguna menelepon, mengirim e-mail, atau berkomunikasi dengan cara lain dengan individu tertentu.

"Izin ini memungkinkan aplikasi untuk menyimpan data kontak Anda, dan aplikasi berbahaya dapat membagikan data kontak tanpa sepengetahuan Anda," tulis Gudang Tunai, sebagaimana dikutip dari situs APK Fun.

Itulah mengapa pinjol bisa mendapatkan kontak bahkan meneror teman si peminjam. "Kalau terima teror untuk ngingetin kontak yg pinjem di pinjol spt ini, diblokir aja," kicau Ismail. (*)

==

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Pinjol Bisa Tahu Nomor Telepon Teman Si Peminjam Uang?"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved