Breaking News:

Jawa

381 Tangki Air Bersih Disalurkan BPBD Klaten ke 5 Desa dari 3 Kecamatan yang Terdampak Kekeringan

Lima desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima penyaluran air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Truk tangki air BPBD Klaten saat menyalurkan air bersih di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (19/11/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Lima desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima penyaluran air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan.

Adapun lima desa itu yakni Desa Sidorejo, Tlogowatu dan Tegalmulyo yang berada di lereng Gunung Merapi Kecamatan Kemalang.

Kemudian, Desa Bandungan di Kecamatan Jatinom dan Desa Ngerangan di Kecamatan Bayat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Sip Anwar mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus memberikan bantuan air bersih kepada desa-desa yang membutuhkan.

Baca juga: Musim Kemarau, Tiga Desa di Klaten Mulai Terima Suplai Air Bersih

"Droping air bersih masih berlangsung dan tahun ini ada sekitar 750 tangki air bersih yang kita siapkan untuk disalurkan," ujarnya pada Tribunjogja.com, Jumat (20/8/2021).

Menurut Anwar, penyaluran air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan kali ini lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, musim kemarau tahun ini juga disertai dengan turunnya intensitas hujan yang cukup sering sehingga dikenal dengan istilah kemarau basah.

"Ini masih jalan, alhamdulillah untuk airnya tidak terlalu masalah karena apa, karena musim kemarau tahun ini kemarau basah jadi kadang hujan jadi tidak seperti tahun kemarin," jelasnya.

Baca juga: Kebakaran Melanda Gudang Sembako di Klaten, 6 Mobil Juga Ikut Terbakar

Sementara itu, Kepala Bidang kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten Sri Yuwana Haris Yulianta mengatakan hingga Kamis (19/8/2021) pihaknya sudah menyalurkan air bersih sebanyak 381 tangki.

"Jumlah itu tersebar di 5 desa yang berada di 3 kecamatan," ucap Haris.

Menurut dia, desa yang paling banyak menerima droping air bersih adalah Desa Sidorejo dan Tegalmulyo yang berada di Kecamatan Kemalang.

"Di Sidorejo ada sebanyak 119 tangki air yang sudah disalurkan dan di tegalmulyo ada 118 tangki air," jelasnya.

Kemudian untuk Desa Ngerangan penyaluran air bersih mencapai 102 tangki air dan Desa Tlogowatu dan bandungan masing-masing menerima 27 dan 17 tangki air bersih. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved