Breaking News:

Kabupaten Bantul

Bupati Bantul : Tanda-tanda Kemerdekaan dari Cengkeraman Covid-19 Sudah Mulai Tampak

Penurunan jumlah kasus secara konsisten dari hari ke hari menunjukkan bahwa pandemi ini akan segera berakhir dan dapat dikendalikan.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Bupati Bantul menjadi inspektur upacara pada peringatan hari kemerdekaan RI 

TRIBUNJOGJA.COM - Pada peringatan hari kemerdekaan ke 76 RI, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan bahwa tanda-tanda kemerdekaan dari cengkeraman Covid-19 sudah mulai tampak.

Kendati PPKM level 4 diperpanjang dari 17-26 Agustus, namun ada beberapa kolanggaran yang diberikan pemda untuk masyarakat.

Syaratnya adalah masyarakat tidak boleh mengendorkan kewaspadaannya.

"Hari ini kita memperingati kemerdekaan RI ke 76 dan tanda-tanda kemerdekaan dari cengkeraman covid-19 sudah mulai tampak. Penurunan pasien yang diisolasi, meningkatnya pasien sembuh dan menurun angka kematian beberapa hari ini (konfirmasi positif) turun secara konsisten," ujarnya saat ditemui usai mengikuti upacara bendera, 17 Agustus 2021 di Lapangan Paseban Bantul.

Baca juga: Kasus Covid-19 Diklaim Menurun, Terdapat 5-7 Tempat Tidur yang Kosong Setiap Harinya di RSLKC Bantul

Ia menilai, jika terjadi penurunan jumlah kasus secara konsisten dari hari ke hari, maka ini menunjukkan bahwa pandemi ini akan segera berakhir dan dapat dikendalikan.

Namun demikian, berbekal pengalaman yang selama ini dilalui, maka Bupati Bantul mengimbau agar seluruh pihak tidak boleh lengah.

"Walaupun data-data menunjukkan penurunan, kewaspadaan juga harus tetap terus kita pasang, sampai benar-benar pandemi itu nol," imbuhnya.

Adapun untuk update data sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul per Senin (16/8/2021) pukul 15.30 WIB, kasus Konfirmasi Covid-19 bertambah sebanyak 217 orang.

Kasus konfirmasi Covid-19 yang sembuh sebanyak 1.285 orang dan kasus konfirmasi Covid-19 yang meninggal sebanyak 15 orang.

Baca juga: Pemkab Bantul Akan Berikan Tiga Jenis Bantuan kepada Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Dengan kondisi tersebut, Bupati menyatakan bahwa saat ini Kabupaten Bantul masih menerapkan PPKM level 4 sampai tanggal 26 Agustus 2021.

Harapannya, level PPKM dapat diturunkan sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala namun dengan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru.  

Meski PPKM Level 4 masih berlangsung, Bupati telah melonggarkan beberapa aktivitas masyarakat.

"Kelonggaran sudah kami berikan, nanti penyekatan akan kami cabut, restoran sudah boleh buka dengan pembatasan jumlah, rumah ibadah sudah mulai kami longgarkan. Namun tempat wisata masih kami tutup," ujarya.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved