Bacaan Niat dan Doa

CATAT! Ini Waktu dan Keutamaan Sholat Dhuha, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Doa

entang pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB atau menjelang Adzan Dzuhur merupakan waktu yang bisa digunakan umat Muslim untuk mengerjakan

tribunnewsmaker
ilustrasi shalat dhuha 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rentang pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB atau menjelang Adzan Dzuhur merupakan waktu yang bisa digunakan umat Muslim untuk mengerjakan ibadah sunnah Sholat Dhuha.

Sebagaimana dikutip dari TribunStyle.com, Ustads Abdul Somad mengatakan bahwa persisnya waktu Sholat Dhuha dimulai 12 menit setelah matahari terbit dan selesainya 10 menit sebelum waktu Dzuhur.

Waktu Dhuha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari (sekitar pukul 07.00 pagi) sampai waktu Dzuhur.

Baca juga: Doa-doa yang Dibaca Ketika Sedang Patah Hati

Baca juga: Bacaan Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Mimpi Buruk

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengerjakan Sholat Dhuha karena memiliki banyak keutamaan.

Hal tersebut tertuang dalam Hadist Riwayat Muslim:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan Sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

Ilustrasi: Salat Dhuha
Ilustrasi: Salat Dhuha (net)

Kemudian Baginda Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat Sholat Dhuha”. (HR Muslim).

Betapa besarnya manfaat Sholat Dhuha bahkan dapat menjadikan kita memperoleh pahala bersedekah.

Selain itu, sebagaimana yang kita tahu, Sholat Dhuha juga merupakan pembuka pintu rezeki.

Sebagaimana firman Allah dalam hadits qudsi:

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved