Breaking News:

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Melalui Teknik Proning

Saturasi oksigen normal SaO2 untuk orang dewasa adalah 95 – 100%. Nilai yang lebih rendah dari 90% dianggap saturasi oksigen rendah

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Joko Widiyarso
TRIBUNJOGJA.COM / Gaya Lufityanti
Ilustrasi Oximeter, alat untuk mengukur kadar oksigen atau saturasi oksigen dalam darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus selalu memantau saturasi oksigen.

Dikutip dari News Medical Life Sciences, saturasi oksigen mengukur persentase oksihemoglobin (hemoglobin yang terikat oksigen) dalam darah, dan direpresentasikan sebagai saturasi oksigen arteri (SaO2) dan saturasi oksigen vena (SvO2). 

Saturasi oksigen normal SaO2 untuk orang dewasa adalah 95 – 100%. Nilai yang lebih rendah dari 90% dianggap saturasi oksigen rendah, yang membutuhkan pasokan oksigen eksternal.

Salah satu rekomendasi untuk meningkatkan saturasi oksigen adalah dengan melakukan teknik proning.

Teknik proning dalam beberapa waktu terakhir banyak disebutkan mampu membantu pasien Covid-19 yang mengalami sesak nafas dan mengalami penurunan saturasi oksigen.

Dikutip dari Kontan, melalui akun resmi media sosial, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah secara mudah.

Cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah bisa dipraktikkan di kamar tidur.

Cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah ini menggunakan teknik proning. Namun, tidak semua pasien Covid-19 bisa melakukan cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning.

Cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning ini hanya bisa dilakukan oleh pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

Untuk pasien Covid-19 gejala sedang dan berat, cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah harus dilakukan oleh tenaga medis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved