Breaking News:

BOR Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Klaten Capai 95,7 Persen

BOR di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hingga saat ini tercatat 95,7 persen.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Petugas kesehatan saat menata tempat tidur pasien COVID-19 di Rumah Sakit Cakra Husada, Senin (2/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hingga saat ini tercatat 95,7 persen.

Meski masih tergolong tinggi, namun tingkat BOR di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 tersebut dinilai sudah mengalami penurunan kendati belum terlalu signifikan.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito mengatakan dari 632 tempat tidur pasien COVID-19 yang ada di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Klaten, 608 di antaranya sudah terisi.

"Dari 632 tempat tidur yang ada di rumah sakit rujukan COVID-19 saat ini terisi sebanyak 608 tempat tidur," ujar Ronny saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/8/2021).

Adapun untuk ruangan Intensive Care Unit (ICU) pasien COVID-19, dari 66 tempat tidur yang tersedia sebanyak 60 tempat tidur masih terisi.

"Ini masih cukup tinggi, meski begitu kalau yang antri sudah tidak ada, daerah lain BOR-nya sudah menyentuh 70 persen, kalau kita masih di angka 90 persen," ucapnya.

Baca juga: Penjelasan Menkes Mengapa Pasien Covid-19 Meninggal di RS Lebih Cepat

Baca juga: Vaksinasi 1.745 Warga Binaan Pemasyarakatan di DIY Ditarget Selesai Oktober

Kemudian Ronny kembali menegaskan, kendati masih tergolong tinggi, jika dibandingkan dengan beberapa pekan yang lalu kondisi saat ini sudah menunjukan grafik penurunan.

"Tapi dibanding beberapa waktu lalu, BOR kita saat ini sudah turun," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo, mengatakan jika di rumah sakit yang ia pimpin tingkat keterisian BOR masih cukup tinggi dan nyaris 100 persen.

"Untuk pasien covid tersedia 119 tempat tidur dan saat ini sudah terisi sebanyak 118 tempat tidur atau sekitar 99, 16 persen," ucapnya.

Sedangkan Direktur Umum Rumah Cakra Husada (RSCH) Klaten, Joko Susanto mengatakan jika di rumah sakit yang ia pimpin tingkat keterisian tempat tidur masih penuh atau 100 persen.

"Yang sudah ready itu ada 26 bed ya. Kondisi saat ini full atau terpakai semuanya untuk pasien COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, untuk kondisi saat sudah mulai normal dalam artian tidak terdapat antrian di instalasi gawat darurat (IGD). (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved