Breaking News:

Gaspol 52

Tatkala Nouvo Z Jadi Motor 'Minion'

INSPIRASI berkarya bisa hadir dari mana saja, tak terkecuali tokoh karakter dalam film fiksi. Tengok saja motor kustom unik garapan Danang Sispurwanto

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
UNIK - Transformasi Yamaha Nouvo Z jadi Motor Minion garapan Danang Sispurwantoro, builder dari Green Custom Motorcycle Bantul. 

INSPIRASI berkarya bisa hadir dari mana saja, tak terkecuali tokoh karakter dalam film fiksi. Tengok saja motor kustom unik garapan Danang Sispurwantoro, builder Green Custom Motorcycle Bantul, yang merubah tampilan Yamaha Nouvo Z 2007 miliknya, menjadi motor 'Minion'.

Ya, motor kustom garapan Danang ini terinspirasi dari karakter fiksi, Minion, dalam film komedi animasi komputer 3D Amerika berjudul 'Despicable Me' yang diproduksi oleh Illumination Entertainment. Namun, diungkapkan Danang, Yamaha Nouvo Z yang sempat diikutsertakan dalam sebuah even ini telah mengalami beberapa perombakan. Bahkan, sempat 'tertidur pulas' cukup lama sebelum akhirnya jadi seperti saat ini.

"Mulanya justru terinspirasi dari serial animasi Masha and The Bear, karena melihat sosok beruang-nya. Sehingga, punya keinginan membuat motor yang nggak mainstream bentuknya. Membuat motor yang tak ada titik sudutnya, dengan bentuk bodi yang juga bulat," ujar Danang saat ditemui Tribun Jogja di bengkelnya yang terletak di Jalan Kasongan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

"Membuat diameter body yang sesuai dengan motor itu, supaya mesin motor tak terlihat," tambahnya.

Dari ide awal tersebut, lantas idenya berkembang setelah rilis film komedi animasi komputer 3D Amerika berjudul 'Despicable Me'. Melihat tokoh di film Despicable Me, otak Danang memberikan reaksi positif dan kreatif. Bukan berfikir untuk menjadikan tokoh kuning itu menjadi hidup, tetapi ia mencoba membuat kendaraan berkonsep Despicable Me di dunia nyata.

"Dari film Minion itu, muncul inspirasi bikin motor dengan menghilangkan sudut. sehingga motor terlihat cantik dengan imajinasi yang saya mau, yakni Minion. Dengan perubahan bentuk, sudut, akhirnya pada 2012 semuanya bisa terlaksana, mengikuti sebuah event, kemudian gagal dengan keputusan yang mengecewakan. Akhirnya motor itu saya simpan dan 2021 ini saya sempurnakan," ungkap Danang.

Dilihat sekilas, bentuk motor Minion garapan Danang ini mengusung konsep yang mirip dengan Yamaha EC-F. Namun, pada sepeda motor kustom asal Bantul ini, bodi bulat di bagian tengah dibuat lebih besar.

Jadi, dimensi motor ikut terlihat lebih bongsor dari motor konsep Yamaha tersebut. Adapun pada motor garapannya ini, part-part yang digunakan dominan menggunakan handmade. Bukan tanpa alasan, itu lantaran desainnya memang berbeda dari motor yang sudah ada.

Contohnya bagian bodi, dibuat menggunakan perpaduan bahan fiber dan plat. Satu di antara bagian yang unik ialah di bagian batok lampu, bentuknya menyerupai kepala salah satu karakter di film yang cukup laris ini.

Untuk bagian jok, Danang menyematkan kursi yang dibuat hanya untuk menampung satu orang saja. Supaya redaman kursi bisa lebih maksimal saat melibas jalan bergelombang, dipasang suspensi Ohlins di bawah jok.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved