Breaking News:

Temuan Dewas, Ternyata yang Usul Pelaksanaan TWK dalam Alih Status Pegawai KPK Adalah BKN

Temuan Dewas, Ternyata yang Usul Pelaksanaan TWK dalam Alih Status Pegawai KPK Adalah BKN

Editor: Hari Susmayanti
dok.istimewa via kompas.com
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Tes Wawasan Kebangsan(TWK) alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil (ASN) sempat menjadi polemik setelah 75 pegawai dinyatakan tidak lolos.

Kemudian pegawai yang tidak lolos TWK melaporkan pimpinan KPK ke Dewan Pengawas (Dewas), dimana salah satu laporannya berisi dugaan penyelundupan pasal mengenai TWK oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Tak hanya melaporkan ke Dewas, 75 pegawai KPK yang tidak lolos seleksi TWK juga melaporkan pimpinan KPK ke Ombudsman hingga Komnas HAM.

Dewas KPK sendiri langsung menindaklanjuti laporan dari pegawai KPK nonaktif tersebut dengan melakukan pemeriksaan dan pengumpulan bukti.

Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Dewas meliputi pemanggilan sejumlah pihak terkait, baik pelapor, terlapor, perwakilan BKN, Kemenpa RB hingga Kemenkum Ham.

Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Dewas pun sudah dikeluarkan dan menyatakan laporan dari pegawai KPK nonaktif tak cukup bukti sehingga laporan tidak dilanjutkan ke tahap sidang etik.

Selain itu, Dewas juga mengungkap siapa pihak yang mengusulkan adanya tes wawasan kebangsaan (TWK) dalam proses alih status pegawai KPK menjadi ASN.

Anggota Dewas KPK Harjono menjelaskan pihak pertama yang mengusulkan TWK adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Ketentuan mengenai tes wawasan kebangsaan merupakan masukan dari BKN yang pertama kali disampaikan dalam rapat tanggal 9 Oktober 2020 serta dalam rapat harmonisasi KemenPANRB dan BKN," ucap Anggota Dewas KPK Harjono dalam jumpa pers virtual, Jumat (23/7/2021) seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Tribunnews.com dalam artikel berjudul "Dewas Ungkap BKN yang Usulkan TWK untuk Pegawai KPK".

TWK alih status pegawai KPK menjadi ASN diatur dalam Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved