Breaking News:

Tingkatkan Literasi Anak, Bunda Paud Kabupaten Magelang Bacakan Dongeng Melalui Daring

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dasar literasi anak, termasuk kecintaan terhadap buku, kemampuan menyimak, dan memirsa di saat Pandemi

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
instagram.com/wisdomhouse_official
ILUSTRASI Buku Cerita Monkfish Book 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dasar literasi anak, termasuk kecintaan terhadap buku, kemampuan menyimak, dan memirsa di saat Pandemi, Bunda Paud Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin atau istri Bupati Magelang itu melalui program 'Bunda Paud Mengajar' membacakan dongeng bagi anak-anak paud dengan muatan pentingnya menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui sebelumnya, kegiatan atau program Bunda Paud Mengajar sendiri telah dilaksanakan sejak awal terjadinya pandemi dalam bentuk literasi secara langsung.

Baca juga: BURSA Transfer AC Milan: Inilah Striker Brasil Calon Penerus Ibrahimovic Incaran Maldini

"Karena saat ini situasi masih pandemi, maka kami alihkan kegiatan secara virtual atau daring. Salah satu kegiatannya adalah dengan mendongeng secara virtual. Selain itu, dari Kementerian Pendidikan, bunda paud juga diminta untuk membacakan buku dalam rangka Hari Anak, yang nantinya akan di upload ke YouTube," jelasnya usai membacakan dongeng bagi anak-anak secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, kegiatan atau gerakan literasi bagi anak-anak sangatlah penting dilakukan sedini mungkin. Hal ini diharapkan dapat menanamkan kecintaan anak kepada buku (gemar membaca).

"Jadi ternyata secara penelitian, apabila dibacakan buku secara rutin meskipun mereka (anak-anak) hanya mendengar, misalnya sebelum tidur begitu, ternyata menumbuhkan kecintaan mereka kepada buku. Ketika nanti mereka sudah bisa membaca, maka pasti akan sangat gemar sekali," bebernya.

Pada kesempatan kali ini, ia membacakan dongeng yang berjudul 'Asiknya Mandi Bersih' dengan dua karakter animasi Beri dan Kumkum.

Baca juga: Bacaan Doa Mohon Keselamatan Dunia Akhirat, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Melalui dongeng ini anak-anak diajak agar bisa mandi minimal 2 kali sehari secara bersih agar terbebas dari bakteri dan penyakit. 

Ia juga berpesan kepada para orang tua untuk lebih telaten dalam mendampingi anak-anaknya di masa Pandemi seperti sekarang ini, apalagi pada situasi sekarang ini para orang tua tidak bisa lagi menyandarkan kepada lembaga-lembaga pendidikan.

"Ketelatenan orang tua mendampingi anak di rumah ini memang sangat penting untuk sekarang ini. Sehingga monggo disempatkan waktu untuk sekedar mengajak anak untuk buku. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini juga perlu meningkatkan kemampuan digital. Maka peran serta orang tua sangat penting untuk juga memberikan kaidah-kaidah kepada anak dalam menggunakan digital," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved