Breaking News:

Idul Adha 1442 Hijriah

Inspirasi Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2021 Cocok Dikirim Via WhatsApp atau Status Sosmed

Berikut inspirasi ucapan selamat Idul Adha 2021 1442 Hijriah untuk dikirim lewat WhatsApp atau status media sosial

Editor: Rina Eviana
allwishquotes.com
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Tahun ini Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Tahun ini Idul Adha masih dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Idul Adha selain diperingati dengan salat Idul Adha juga dirayakan dengan ibadan kurban. Meski diperingati di tengah pandemi dan tak bisa bertemu sanak saudara, bukan berarti mengurangi hikmah Idul Adha.

Seseorang warga berdoa di Hagia Sophia di Istanbul 26 Juli 2020
Seseorang warga berdoa di Hagia Sophia di Istanbul 26 Juli 2020 (Yasin AKGUL / AFP)

Dosen Komunikasi dan Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Komunikasi dan Mdia (P2KM) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Deden Mauli Darajat, mengatakan bahwa perayaan ini penting bagi umat Islam.

Selain itu, menurut dia, mengutip Kompas.com, Jumat (31/7/2020), saling bertukar pesan juga memiliki makna tersendiri—saling memberi doa agar masing-masing mendapat kebaikan.

“Mengucapkan salam atau Selamat Idul Adha merupakan bagian dari mendoakan kebaikan,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Lebih lanjut, siapa pun yang mendoakan kebaikan kepada orang lain, kebaikan yang sama juga akan datang kepada orang yang mendoakan, bukan hanya untuk yang didoakan.

Deden menyarankan kalimat yang digunakan dalam pemberian ucapan Idul Adha sebaiknya mengandung doa. Selain itu, ucapan selamat juga merupakan perayaan kebahagiaan akan datangnya hari besar.

Sebagai contoh, salah satu ucapan yang dapat diberikan kepada orang lain adalah “Selamat Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu Minna wa minkum. Kullu am wa antum bikhair.”

Artinya adalah “Semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan kalian, dan setiap tahun kalian berada dalam kebaikan”.

Baca juga: 20 Ucapan Selamat Idul Adha Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya, Cocok Dibagikan di Media Sosial

“Di Turki biasanya mengucapkan ‘Kurban bayraminiz mubarek Olsun.’ Artinya ‘Selamat Hari Raya Kurban, semoga keberkahan menyertaimu’,” tutur Deden.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved