Breaking News:

Ini Lafaz Takbir Idul Adha, Lengkap Beserta Arab Latin dan Artinya

Senin malam 19 Juli 2021 malam takbiran Idul Adha 1441 H, di mana umat Muslim di Indonesia akan mengumandangkan bacaan takbir, tahlil dan tahmid

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Joko Widiyarso
allwishquotes.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Hari Raya Idul Adha jatuh pada  Selasa 20 Juli 2021. Umat Muslim masih akan merayakan Idul Adha dalam situasi Pandemi COVID-19.

Pada Senin malam 19 Juli 2021 merupakan malam takbiran Idul Adha 1441 H, di mana umat Muslim di Indonesia akan mengumandangkan bacaan takbir, tahlil dan tahmid.

Seperti pada perayaan Idul Fitri, menjelang Idul Adha atau hari raya kurban umat muslim memang dianjurkan untuk mengumandangkan takbir sebagai wujud memuji dan mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Sementara untuk waktunya, Rasulullah SAW telah menganjurkan untuk menghidupkan malam hari raya, salah satunya dapat dilakukan dengan cara memperbanyak membaca takbir. 

Dalam Kitab Fathul Qarib disebutkan jika Takbiran pada Idul Adha disebut Takbir Muqayyad, yaitu takbir yang memiliki waktu khusus untuk pelaksanaannya.

Dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 9 - 13 Dzulhijjah, mulai dari waktu ashar tanggal 9 Dzulhijjah hingga waktu Ashar akhir hari Tasyriq 13 Dzulhijjah), dibaca setiap selesai salat fardhu ataupun salat sunnah.

Bacaan takbir yang pendek maupun bacaan takbir yang panjang dan lengkap memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Berikut bacaan takbiran yang biasa didengungkan setiap malam jelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha lihat di bawah ini :

Lafadz Arab Takbiran

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved