Breaking News:

Wabah Virus Corona

Bumil Jangan Panik, Lakukan Langkah Ini Jika Dinyatakan Positif Covid-19

Bagi Anda para ibu hamil (bumil) yang saat ini dinyatakan positif Covid-19 tak usah panik. Lakukan langkah-langkah dokter ini

Editor: Rina Eviana
IST
Ilustrasi :ibu hamil 

Tribunjogja.com - Bagi Anda para ibu hamil (bumil) yang saat ini dinyatakan positif Covid-19 tak usah panik.

Lakukan langkah-langkah dokter ini jika Anda ternyata positif Covid-19.

Sebagaimana diketahui masa pandemi mengharuskan seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, menyebabkan banyaknya ibu yang mengandung.

Ilustrasi
Ilustrasi (IST)

Sedangkan kondisi pandemi masih terus terjadi, bahkan hingga saat ini terjadi lonjakan kasus baru Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini menyebabkan kemungkinan terpapar Virus Corona pada ibu hamil tersebut, maka dr. Ni Komang Yeni DS pun angkat suara untuk memberitahukan apa saja yang perlu dilakukan oleh ibu hamil yang terpapar Virus Corona.

Baca juga: Begini Cara Dapat Obat dan Vitamin Gratis Bagi Warga Positif Covid-19 yang Isoman dari Pemerintah

Dalam program Sonora Parenting bersama dengan Nakita.ID di Radio Sonora FM, pihaknya menyatakan bahwa pada dasarnya treatment yang diberikan hampir sama dengan pasien Covid-19 lainnya.

“Pada prinsipnya pengobatannya sama, sama dengan yang non-hamil, pengobatan antivirus pun diperkenankan bagi ibu hamil. Apa lagi setelah trimester kedua, jadi tidak perlu khawatir ya,” ungkapnya memaparkan.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa saat ini pemerintah juga telah menyediakan pemeriksaan gratis di puskesmas untuk memastikan kondisi ibu hamil yang terpapar virus corona tersebut.

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil (THINKSTOCKPHOTOS)

Bahkan, ketika sudah dinyatakan positif Covid-19 pun Puskesmas akan memberikan pengobatan gratis dan dipantau oleh dokter yang bertugas di Puskesmas tersebut.

Setelah melakukan pemeriksaan langsung ke Puskesmas dan pelaporan untuk mendapatkan pantauan tersebut, dr. Ni Komang juga menegaskan pentingnya asupan nutrisi yang cukup bagi sang ibu yang sedang mengandung tersebut.

“Itu yang harus dikerjakan, dari kita sendiri pastinya ya nutrisi harus diperhatikan, berjemur jangan lupa, hal-hal simple yang dari sudah diberikan. ‘Nasihatnya gitu-gitu saja deh dokter’, ya memang cuma itu saja sebenarnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” tegas dr. Ni Komang.

Baca juga: LINK Lokasi Vaksinasi Covid-19 Gratis Terdekat, Cukup Klik Covid19.go.id/faskesvaksin

Baca juga: Catat, Ini Link Penting Selama Pandemi: Info Ketersediaan RS, Tabung Oksigen, Hingga Lokasi Vaksin

Selain itu, ibu hamil juga diharapkan memiliki kualitas tidur yang cukup, minum air putih yang banyak, makan makanan yang bergizi, dan olahraga.

“Hindari dan minimalisasi stres. Nah, di sini fungsinya support system, jadi ibu hamil jangan dibiarkan sendirian, memang perlu lebih banyak lagi disayang-sayang ya, bapak-bapak mohon ya. Dia tidak bisa bahagia sendiri,” sambungnya menegaskan.

Jadi, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah lapor ke Puskesmas, menjaga asupan gizi, berjemur, tidur yang cukup, dan mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitar seperti suami, orang tua, atau mertua.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved