Breaking News:

Apakah Sholat Dhuha Dapat Dilakukan Secara Berjamaah? Berikut Tata Caranya

Keutamaan dari Sholat Dhuha selain diampuni dosa, kita juga dapat dimudahkan dalam mendapatkan rezeki yang halal dan barokah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Joko Widiyarso
freepik
Ilustrasi Sholat berjamaah di Masjid 

TRIBUNJOGJA.COM- Sholat dhuha merupakan suatu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan dari Sholat Dhuha selain diampuni dosa, kita juga dapat dimudahkan dalam mendapatkan rezeki yang halal dan barokah.

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan Sholat Dhuha bagi umat Islam agar semua hal yang di jalani mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Ilustrasi Sholat Dhuha
Ilustrasi Sholat Dhuha (Human Resources Online)

Sholat Dhuha dapat di lakukan secara berjamaah, tetapi di anjurkan sunnahkan untuk sholat sendiri, dalam hadis Sholat sunnah berjamaah yang utama hanya ada lima, yakni sholat id, sholat istisqa, sholat gerhana, sholat tarawih dan sholat witir.

Namun jika ingin mengerjakan secara berjamaah juga dibolehkan dan tidak makruh.  

Jika ingin melakukan Sholat Dhuha secara berjamaah, di kutip laman fatwatarjih.or berikut tata caranya:

1. Dikerjakan pada saat matahari sudah naik kira-kira sepenggal atau setinggi tonggak, yaitu di lakukan pada saat matahari baru terbit, dan berakhir waktu Dhuha yakni menjelang masuk waktu zhuhur (Berdasarkan HR. Muslim dari Ummu Hani’).

2. Dua rakaat (berdasarkan HR. Muslim dari Abu Hurairah), Empat rakaat (berdasarkan HR. Muslim dari ‘Aisyah), Delapan rakaat dengan melakukan salam tiap dua rakaat (berdasarkan HR. Abu Daud dari Ummu Hani’). Shalat Dhuha dapat dilakukan dengan jumlah rakaat sesuai keinginan berdasar hadis:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ. [رواه

مسلم]

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved