Breaking News:

Berita Kesehatan

Kumpulan Bahan Alami yang Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Liver Anda

Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan makanan dan minuman tertentu ke dalam menu asupan Anda mungkin sangat bermanfaat bagi liver Anda.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Dok. Kompas.com
Liver 

TRIBUNJOGJA.COM - Penting artinya untuk mengikuti pola asupan makanan yang seimbang dan gaya hidup sehat untuk membantu mendukung kesehatan liver. Semisal dengan melakukan olahraga secara teratur.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa menambahkan makanan dan minuman tertentu ke dalam menu asupan Anda mungkin sangat bermanfaat bagi liver Anda.

liver
liver (Mayo Clinic)

Berikut adalah beberapa makanan yang bermanfaat bagi liver Anda:

  • Kopi. Minuman lezat ini dapat meningkatkan kadar antioksidan di liver Anda dan menurunkan risiko penyakit liver. 
  • Teh. Teh populer seperti teh hitam dan hijau dapat meningkatkan kadar enzim liver di antara orang-orang dengan penyakit liver dan melawan stres oksidatif.
  • Berry. Buah beri mengandung antioksidan, yang telah terbukti melindungi liver Anda dari kerusakan dalam berbagai penelitian pada hewan.
  • Jus bit. Minuman berwarna-warni ini mengandung senyawa sehat seperti nitrat dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi liver Anda dari kerusakan oksidatif. Juga, penelitian menunjukkan jus bit dapat meningkatkan enzim detoksifikasi alami liver Anda.
  • Kacang. Kacang kaya akan lemak sehat dan nutrisi seperti vitamin E. Studi menunjukkan bahwa suplementasi dengan vitamin E dapat membantu menurunkan risiko penyakit liver.
  • Lemak ikan. Studi menunjukkan bahwa suplemen dengan asam lemak omega-3, yang secara alami ditemukan pada ikan berlemak, dapat mengurangi lemak hati dan meningkatkan fungsi enzim liver.

Di bawah ini adalah beberapa herbal dan suplemen yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan liver :

  • Thistle susu. Tanaman ini mengandung senyawa seperti silybins, silychristin, dan silydianin, yang semuanya dapat membantu regenerasi liver, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan hati di antara mereka yang menderita penyakit liver.
  • Ginseng. Ramuan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi terhadap kerusakan liver pada orang dengan penyakit liver berlemak nonalkohol.
  • Kunyit. Ramuan lezat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ini dapat mengurangi peradangan di liver dan tanda-tanda kerusakan liver pada orang dengan penyakit liver.
  • Jahe. Studi menunjukkan bahwa suplemen dengan jahe dapat secara signifikan mengurangi tanda-tanda peradangan liver dan lemak liver pada orang dengan penyakit liver berlemak nonalkohol, dibandingkan dengan pengobatan plasebo.
  • Akar licorice. Studi menunjukkan bahwa suplemen dengan akar licorice dapat mengurangi tanda-tanda kerusakan liver dan peradangan pada orang dengan penyakit liver berlemak nonalkohol.

Jika Anda mencari cara alami untuk meningkatkan kesehatan liver Anda, cobalah memasukkan beberapa makanan, herbal, atau suplemen ini ke dalam diet Anda. Namun yang terbaik adalah dengan konsultasi ke ahli kesehatan sehingga dapat dipastikan jenis sakit yang diderita serta rencana perawatan yang diperlukan kemudian. (*/HealthLine)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved