Breaking News:

Kota Yogyakarta

DPRD Kota Yogya Usulkan Pembentukan Tim Vaksinator di 45 Kelurahan

Kalangan legislatif mendorong Pemkot Yogyakarta agar dapat mempercepat proses vaksinasi bagi warga masyarakat.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
IST
Ilustrasi vaksin covid 19 

TRIBUNJOGJA.COM - Kalangan legislatif mendorong Pemkot Yogyakarta agar dapat mempercepat proses vaksinasi bagi warga masyarakat.

Satu di antaranya, dengan mengusulkan pembentukan tim vaksinator di tiap kelurahan.

Ketua Panitia Khusus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Kota Yogya Antonius Fokki Ardiyanto menyampaikan, tim vaksinator yang tersebar di seluruh kelurahan diyakini bisa mempercepat proses imunisasi masyarakat.

"Kami mengusulkan, supaya Dinkes bisa membentuk 45 tim vaksinator. Sehingga, dapat diterjunkan di seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta, untuk mempercepat proses vaksinasi, agar cepat selesai," terangnya, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Pemkot Yogya Gencar Lakukan Percepatan Vaksinasi Massal

Fokki melanjutkan, meski semua Puskesmas yang berada di wilayah sudah melayani program vaksinasi, tetap dibutuhkan upaya lain untuk memperluas jangkauan.

Sehingga, herd immunity lebih cepat terealisasi di kota pelajar.

"Misalnya, dalam satu hari, setiap kelurahan ditarget dapat (memvaksin) maksimal 500 orang. Nah, kalau bisa seperti itu kan selesainya semakin cepat, ya," ungkapnya.

Walau begitu, politisi PDI Perjuangan itu tidak menampik, untuk merealisasikan tim vaksinator di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta, dibutuhkan tenaga yang tak sedikit.

Pasalnya, dalam setiap tim, setidaknya butuh 8 personel.

Baca juga: Percepat Imunisasi COVID-19, Pemkot Yogyakarta Segera Buka Sentra Vaksinasi di Gembira Loka Zoo

Maka dari itu, tambahnya, Pemkot harus bersinergi dengan pihak-pihak lain di luar pemerintahan, untuk menggenjot percepatan proses vaksinasi bagi masyarakat.

"Memang, untuk merealisasikannya butuh banyak tenaga. Mungkin, Pemkot bisa kerja sama, ya, merekrut mahasiswa-mahasiswi semester akhir di bidang keperawatan. Itu kan jumlahnya cukup banyak di Yogya," tandasnya.

Menurutnya, pemerintah daerah harus segera mengambil keputusan cepat, terkait vaksinasi Covid-19.

Sebab, situasi dan kondisi akhir-akhir ini, dimana tingkat sebaran masih sangat tinggi, vaksinasi jadi kebutuhan mutlak.

"Kalau bisa segera diputuskan,  menurut kami, ini mampu mempercepat menciptakan herd immunity di Kota Yogya. Sehingga, kehidupan warga masyarakat pun bisa segera kembali normal," pungkas Fokki. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved