Breaking News:

KKB Papua

Enam Bulan Terakhir, KKB Papua Tewaskan 13 Masyarakat Sipil

Selama enam bulan terakhir, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sudah menewaskan 13 masyarakat sipil di sejumlah wilayah di Papua.

Editor: Hari Susmayanti
Polda Papua
Aksi penembakan kembali terjadi di wilayah Puncak Papua, tepatnya di Kampung Eromaga Distrik Omukia, Rabu (14/4/2021). Korbannya kali ini adalah seorang tukang ojek bernama Udin, berusia 41 tahun warga Kompleks Pasar Ilaga ibu kota Puncak 

TRIBUNJOGJA.COM, PAPUA - Selama enam bulan terakhir, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sudah menewaskan 13 masyarakat sipil di sejumlah wilayah di Papua.

Aksi kriminal KKB tersebut merupakan akumulasi teror yang dilaksanakan sejak Januari hingga Juni 2021.

Selain menewaskan 13 warga sipil, serangan dari KKB juga menewaskan 7 prajurit TNI dan 2 anggota Polri.

Sementara untuk korban luka sebanyak 17 orang dengan rincian 6 anggota TNI, 3 anggota polisi dan 8 warga sipil.

Dikutip Tribunjogja.com dari Tribun-Papua.com, Kasatgas Humas OPS Nemangkawi, Kombes Pol M. Iqbal Al Qudus melalui rilisnya mengatakan setidaknya selama enam bulan terakhir terjadi kontak tembak dengan aparat keamanan gabungan TNI Polri sebanyak 23 kali.

Selain itu KKB juga melakukan aksi penembakan sebanyak 20 kali dan 12 kejahatan lainnya baik itu pembakaran rumah warga, gedung sekolah, puskesmas serta pembunuhan dan perampasan senjata.

Di sisi lain, upaya penegakan hukum yang dilakuka oleh tim gabungan TNI Polri di Papua selama enam bulan terakhir berhasil membuat KKB Papua terdesak.

Tim gabungan berhasil menewaskan 8 orang kelompok kriminal bersenjata, 11 orang luka.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya senjata api, amunisi kaliber 5,56 mm, HT, Handphone, anak panah dan lain sebagainya.

Satgas Ops Nemangkawi berhasil melakukan penangkapan 11 orang yang tergabung dalam jaringan senjata dan amunisi, yang mana 4 di antaranya masuk dalam daftar pencarian orang berinisial PK, KS, LW dan MT.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved