Breaking News:

Angkat Ekonomi Warga, Alumnus SMA Taruna Nusantara Magelang Ciptakan Aplikasi Belanja Online

Berawal dari keinginannya untuk mengangkat perekonomian masyarakat Kota Magelang, Ryan Manafe, Alumnus SMA Taruna Nusantara Magelang

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Ingin Angkat Ekonomi Masyarakat, Alumnus SMA Taruna Nusantara Magelang Ciptakan Aplikasi Belanja Online 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Berawal dari keinginannya untuk mengangkat perekonomian masyarakat Kota Magelang, Ryan Manafe, Alumnus SMA Taruna Nusantara Magelang ciptakan aplikasi berbelanja online bernama 'Dagangan'.

Aplikasi berbasis social-commerce merupakan tempat belanja daring yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga mulai dari sembako, produk segar, hingga kebutuhan rumah tangga.

Ia mengatakan, aplikasi yang dirintis sejak 2019 lalu bertujuan untuk memberdayakan para pedagang terutama UMKM dan warung kelontong yang kesulitan dalam pemasaran.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Klaten 27 Juni 2021: Tambah 489 Kasus Baru, 38 Sembuh,15 Meninggal Dunia

"Selama ini, melihat para pedagang sangat kasihan karena sulitnya mendistribusikan dagangannya. Dari situlah, muncul ide membuat aplikasi ini, jadi para pedagang tidak perlu lagi bingung mencari pembeli, karena hanya lewat aplikasi  ini bisa langsung belanja," kepada Tribun Jogja, pada Jumat (18/06/2021).

Ia menambahkan, alasan lain dibuatnya aplikasi dagangan sebagai wujud pengabdian ke masyarakat untuk meringankan beban terutama permasalahan ekonomi.

Menurutnya, sebagai anak muda harus bisa menjadi  role model dan memberikan manfaat terutama bagi lingkungan sekitar.

"Alasan lainnya, karena memang ingin berbagi ilmu dengan masyarakat. Apalagi, bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Karena itu  salah satu cita-cita saya," jelas lulusan Teknik Industri UI itu.

Atas tujuan mulianya tersebut, aplikasi ciptaannya pun mulai dipakai masyarakat untuk membantu penjualan. Bahkan,  penggunaa aplikasi itu, sudah merambah ke daerah lain bukan hanya Magelang

Saat ini, aplikasi buatannya pun sudah menjangkau hingga 3.000 desa meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved