Breaking News:

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Magelang Gunakan Hotel Sebagai Tempat Isolasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menambah tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 di Hotel Safira Jalan Gatot Subroto, Kota Magelang

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menambah tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 di Hotel Safira Jalan Gatot Subroto, Kota Magelang.

Hotel tersebut berisi 52 kamar dengan kapasitas 104 tempat tidur.

Penambahan tempat isolasi ini menyusul kasus Covid-19 yang cenderung naik beberapa waktu terakhir. Hal ini berdampak pada menipisnya bed occupancy rate (BOR) rumah sakit (RS) rujukan dan tempat isolasi.

Baca juga: PPMAY Siap Patuhi Pembatasan Operasional Malioboro Pukul 21.00 Malam

"Mereka isolasi mandiri di Hotel Borobudur, sehingga kapasitas hampir penuh. Maka dari itu, kami cari tambahan lokasi baru untuk isolasi mandiri, karena kasus Covid-19 terutama yang OTG (orang tanpa gejala) makin banyak," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Intan Suryahati, Senin (21/06/2021).

Ia menuturkan, sebelumnya sempat dibuka lokasi isolasi mandiri di wisma Bayeman, namun karena penuh dialihkan semua ke Hotel Borobudur dengan kapasitas lebih banyak. 

Meski kapasitas di Hotel Borobudur belum 100 persen terisi, tapi pihaknya sudah bertindak cepat dengan membuka lokasi baru di Hotel Safira.

"OTG semakin banyak. Semakin banyak kita tracing dari kontak erat dan makin banyak pemeriksaan swab, maka kian banyak yang ditemukan positif. Siang ini langsung kita buka Hotel Safira untuk lokasi isolasi mandiri dengan 52 kamar, terdiri dari 104 tempat tidur," jelasnya.

Ia menyebutkan, yang isolasi mandiri di hotel hanya yang OTG. Sementara yang bergejala dirawat di rumah sakit rujukan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Joko Budiyono mengatakan, sudah meninjau langsung hotel Safira untuk memastikan hotel itu layak untuk tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved